Jual Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Greenhouse: Saatnya Membuat Green House Sendiri di Rumah

Senin, 20 Juli 2015

Saatnya Membuat Green House Sendiri di Rumah

Sejak tahun lalu, pada awal tahun 2014 Rusunawa Marunda, Jakarta Utara melengkapi fasilitasnya dengan green house. Di dalam greenhouse tersebut ditanam berbagai jenis sayuran. Tanaman yang ditanam yaitu tanaman hidroponik seperti sawi-sawian, cabai, kol, selada, dan kalian. Dibangunnya Green House tersebut pada awalnya dalam rangka memberikan nilai tambah penghasilan kepada penghuni rusuna Marunda yang menginginkan bertani dengan cepat. Sebab dalam greenhouse cukup satu bulan bisa panen dan dijual ke pasar.

Terobosan tersebut ternyata menggugah masyakarkat untuk melihat kembali potensi green house ini sebagai metode bertani yang menguntungkan, lebih steril, aman dan cepat. Green house adalah system atau cara bertani dengan mangatur sendiri lingkungan pertaniannya sesuai dengan dikehendakinya. Green house sering disebut juga rumah kaca. Dengan green hosue maka petani dapat dengan mudah melakukan control pertanian, baik suhu, kelembapan udara, lingkungan tanam, waktu tanam, keamanan dari serangan hama, ulat dan berbagai serangga. Dengan pengaturan suhu sendiri, maka waktu tanam juga lebih cepat kepada masa panen.

Green House Sederhana
Saat ini muncul tren baru yang sedang popular di wilayah perumahan maupun rusunawa. Tren tersebut adalah membuat green house sederhana pada di depan rumah atau di belakang rumah. Besarannya menyesuaikan dengan keberadaan tanah yang ada. Green house sederhana tersebut terinspirasi dari apa yang dilakukan Joko Widodo saat menjadi gubernur Jakarta pada tahun 2014, yakni membuat green house di rusunawa Marunda, Jakarta Utara.

Green house tersebut difungsikan untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi penghuni rusunawa. Dengan green house Marunda, para penghuni rusunawa melakukan aktifitas pertanian dengan bimbingan dan pengawasan Dinas Kelautan dan Pertanian Jakarta.

Dari Marunda tersebut, kini banyak orang membuat green house sederhana  untuk penunjang hobi ataupun dalam rangka kegiatan ekonomi kecil-kecilan. Disebut kecila-kecilan karena memang green house yang dibuat tidak selebar pertanian seperti kebun dan sawah pada umumnya. Sering green house tersebut digunakan untuk pekerjaan sampingan sekaligus hiburan orang-orang kota. Sebab memang seacara alamiah tumbuhan mampu menyerap racun, memberikan kesegaran, kebugaran dan juga keindahan bagi yang merawatnya.
* Dalam membangun green house dibutuhkan plastik UV (ultra violet). Untuk kebutuhan plastik UV green house silahkan hubungi kami sms/call: 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564. Info selengkapnya tentang plastik uv green house klik disini.

Keunggulan Green House
Dipilihnya green house sederhana oleh banyak orang perkotaan untuk bertani, sekedar menyalurkan hobi, refreshing atau menambah penghasilan dikarenakan green house memiliki keunggulan yang jauh lebih baik dari pada pertanian konvensional, apalagi untuk wilayah perkotaan. Beberapa keunggulan dari green house tersebut adalah sebagai berikut:
1. Green House Nyaman Mulai dari Pembibitan, Perawatan Hingga Panen
2. Green house memungkinkan petani melakukan kerja yang efektif dan efisien Karena dapat mengatur sendiri suhu, kelembapan udara, penyiraman otomatis, kebersihan, dan juga potensi kontaminasi dari berbagai penyakit, hama dan hewan yang mengganggu. Efektifitas tersebut sangat memudahkan mulai dari pembibitan hingga masa panen.
3. Green House Sebagai karantina
4. Dengan green house segala penyakit tanaman, ulat dan serangga tidak bisa masuk dan mengganggu proses pertanian.
5. Green House Cocok Untuk Budidaya Tanaman Spesifik
6. Green hosue memudahkan manipulasi penanaman tumbuhan tertentu,s esuai dengan yang diinginkan. Green hosue tidak akan memunculkan ilalang atau tanaman liar lain yang mengganggu, sehingga pertanian bisa sangat focus dan lebih efisien waktu.
7. Green House Sebagai Sarana Refreshing.

Keunggulan lain green house karena keberadaannya sungguh sangat memberikan kenyamanan, menetralisir racun tubuh, memberikan ketenangan dan keteduhan bagi yang merawat atau melihatnya. Hal ini memberikan nilai tambah “manusiawi” segnifikan semakin menarik dan popularnya Membuat Green House Sendiri di Rumah.
*Baca juga Cara Membuat Green House Sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar