Jual Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Greenhouse: Mengapa Plastik Ultraviolet (UV) Digunakan Sebagai Atap "Greenhouse"?

Minggu, 07 Februari 2016

Mengapa Plastik Ultraviolet (UV) Digunakan Sebagai Atap "Greenhouse"?

Pernahkah anda mendengar istilah “Greenhouse”? Bila pernah, sudahkah anda mendengar istilah “atap rumah tanaman”? Greenhouse merupakan sebuah bangunan yang dirancang sebagai “rumah” untuk tanaman dengan tujuan melindungi tanaman agar hasil panen dapat berkualitas dan sesuai dengan yang diharapkan. Plastic ultraviolet merupakan plastic yang sering digunakan untuk atap greenhouse, karena kemampuannya mencegah radiasi sinar ultraviolet yang berlebihan untuk tanaman, sehingga dapat melindungi tanaman agar dapat berkembang dengan baik.

Greenhouse berkaitan erat dengan plastic ultraviolet, karena itu dalam merancang sebuah greenhouse ada baiknya setelah rancangan greenhouse yang anda inginkan selesai, anda merencanakan ukuran plastic uv yang anda butuhkan sebagai “atap rumah tanaman” anda. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui tempat jual plastic uv greenhouse, ukuran plastic uv, harga plastic uv greenhouse, beserta pabrik plastic uv greenhouse sehingga harga yang didapatkan bisa lebih terjangkau dibandingkan yang lain.

Tapi tahukah anda, mengapa diperlukan plastic uv sebagai atap untuk greenhouse? Sinar ultraviolet yang didapatkan dari sinar matahari sebenarnya bermanfaat untuk kelangsungan hidup tanaman, diantaranya membantu proses fotosintesis yang bertujuan sebagai pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan menghasilkan cadangam makanan untuk tanaman. Sehingga sinar ultraviolet sebenarnya memiliki peran penting dalam pertumbuhan tanaman, tetapi karena terjadi lubang pada lapisan ozon sehingga menyebabkan sinar ultraviolet yang diterima oleh bumi tidak dapat disaring dengan baiak atua berakibat radiasi yang diterima menjadi berlebihan khususnya radiasi sinar ultraviolet B.

Kelebihan dari sinar ultraviolet B yang diteima oleh bumi ini dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak sempurna atau terganggu, muncul penyakit pada tanaman, dan terjadi pertumbuhan abnormal, sehingga hasil panen menurun, tidak maksimal dan hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diinginkan, dengan kata lain mengalami gagal panen yang mengakibatkan kerugian para petani atau mereka yang menanam tanaman menjadi rugi karena hasil panen tidak sesuai harapan.

Berdasarkan kaitan kelebihan sinar ultraviolet dengan pertumbuhan tanaman yang tidak maksimal sehingga dapat menyebabkan masalah pada hasil panen, sehingga para ahli pertanian menciptakan sebuah system “rumah tanaman” atau yang lebih familiar dikenal dengan “Greenhouse”. Dengan membuat Greenhouse, sebuah rumah untuk tanaman, memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan tanaman yang ditanam di lahan terbuka.

Selain itu, tanaman dapat dipantau dan dikontrol dengan baik, dan meminimalisir kerusakan akibat hama dan cuaca buruk. Namun, system greenhouse ini meski belum banyak diterapkan di Indonesia, tetapi mampu menjadi system pertanian yang lebih baik untuk pertumbuhan tanaman yang digunakan untuk riset atau tanaman hias. Hasil panen yang diperoleh lebih akurat dan minimal terdapat masalah sehingga kerugian panen relative kecil dibandingkan tanaman di lahan terbuka.

Selain menggunakan greenhouse untuk mendapatkan hasil panen yang lebih baik, juga digunakan plastic ultraviolet sebagai atap greenhouse yang akan memebrikan perlindungan untuk tanaman dari kelebihan radiasi sinar ultraviolet, sehingga sinar yang diterima oleh tanaman dapat sesuai dengan kebutuhan sinar yang diperlukan untuk membuat fotosintesis. Tnaman dapat berkembang dengan baik juga hasil panen dapat maksimal.

Bila anda, ingin membuat sebuah greenhouse sebagai “rumah” untuk tanaman anda, anda dapat mulai merancang greenhouse yang minimalis dan sederhana dengan “mencoba” beberapa tanaman yang akan dibudidayakan, kemudia menyiapkan perlatan dan perlengkapan seperti pengatur suhu, plastic uv untuk atap, dsb. Setelah itu, anda dapat membangun greenhouse anda dan mulai merawat tanaman anda di dalam “rumah tanaman” pribadi anda sendiri dan kemudian menikmati hasil panen dari tanaman anda dengan puas dan bangga. Jadi, selamat mencoba!
Baca juga Manfaat Penggunaan Plastik UV Greenhouse.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar