Jual Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Greenhouse: Keunggulan Plastik UV Greenhouse

Kamis, 19 Mei 2016

Keunggulan Plastik UV Greenhouse

Greenhouse, sebuah kemajuan dibidang teknologi yang berfokus pada pertanian. Greenhouse menjadi bukti bahwa penanaman bibit maupun komuditi pertanian dapat dilakukan didalam ruangan, bahkan tanaman yang tumbuh didalam greenhouse jauh lebih bagus dan sehat dibandingkan dengan tanaman yang tumbuh di alam terbuka. Hal ini dikarenakan greenhouse memberikan kondisi yang lebih sesuai untuk tanaman. Greenhouse juga dapat dilengkapi dengan berbagai macam komponen pendukung agar kondisi didalam greenhouse terkontrol.

Bila dahulu greenhouse hanya digunakan oleh para ilmuan untuk meneliti tanaman, kini greenhouse mulai digunakan oleh masyarakat umum sebagai tempat bercocok tanam komuditi pertanian maupun bunga hias. Material untuk bangunan greenhouse kini juga sudak semakin beragam. Misalnya saja material untuk pembuatan kerangka greenhouse. Kerangka greenhouse dapat dibuat dari material kayu, bambu maupun besi. Sedangkan untuk material atap maupun dinding dapat terbuat dari kaca, platik jenis PE, paranet dan yang terbaru adalah plastik greenhouse dengan UV stabilizer atau sering disebut sebagai plastik UV.

Plastik UV atau plastik ultraviolet merupakan plastik khusus untuk greenhouse yang dilapisi bahan kimia tertentu. Penambahan bahan kimia ini berfungsi untuk melindungi tanaman dari sinar ultra violet  yang berlebihan.  Plastik UV greenhouse juga sering disebut sebagai plastik film rumah kaca. Pada umumnya plastik UV atau plastik ultraviolet digunakan sebagai atap greenhouse. Hal ini dikarenakan plastik tersebut memiliki teknologi yang dapat menahan sinar matahari atau radiasi ultra violet sehingga panas yang mengenai tanaman akan lebih sedikit. Atap greenhouse dengan plastik UV juga mencegah kontak langsung tanaman dengan sinar matahari maupun hujan. Bila dibandingkan dengan jenis plastik yang lain plastik UV memiliki berbagai macam keunggulan. Misalnya saja dari segi karakter plastiknya.

Plastik UV atau plastik ultra violet mempunyai karakter yang tahan lama terhadap sinar matahari. Kandunngan UV stabilizer didalam plastik UV greenhouse membuat plastik ini lebih tahan lama terhadap sinar matahari. Selain itu plastik UV juga dapat mengurangi panas dan radiasi matahari yang masuk kedalam tanaman. Dari segi kekuaran plastik UV sudah tidak perlu diragukan lagi, karena plastik UV ini sangat handal dalam menahan sinar matahari dan memiliki kekuatan yang unggul. Plastik ini juga dapat mentrasmisikan cahaya dengan tepat sehingga tanaman dapat berfotosintesis dengan optimal dan menghasilkan produktivitas yang tinggi.

Daya tahan plastik UV juga tinggi, bila plastik biasa terkena sinar matahari dan hawa yang panas dalam durasi yang cukup lama makan akan mudah mengalami degradasi lain halnya dengan plastik UV ini. Plastik ini tahan terhadap sinar matahari dan hawa panas serta tidak mudah mengalami degradasi karena diberikan zat aditive yang berfungsi sebagai UV stabilizer membuat plastik ini memiliki umur yang lebih panjang atau lama dibandingkan dengan jenis plastik lainnya. Tidak cukup sampai disitu saja plastik UV juga memiliki keunggulan lainnya yaitu tahan terhadap pemakaian obat-obatan atau bahan kimia seperti pestisida dan insectisida.

Plastik ultra violet memiliki kandungan UV bermacam-macam seperti kandungan UV 6% dan kandungan UV 14%. Ukurannya juga bermacam-macam ada ukuran 150 cm dalam keadaan terlipat dan 300 cm dalam keadaan terbuka, ukuran 200 cm dalam keadaan terlipat dan 400 cm dalam keadaan terbuka. Sedangkan untuk ketebalan plastik ultra violet greenhouse atau plastik UV rata-rata memiliki ketebalan 170 mikron.
Dengan berbagai macam keunggulan tersebut plastik UV atau plastik ultra violet green house dapat bertahan hingga 3 atau 5 tahun.
Baca juga Tips Membuat Greenhouse.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar