Jual Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Greenhouse: Greenhouse Untuk Anggrek

Senin, 06 Juni 2016

Greenhouse Untuk Anggrek

Anggrek, siapa yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini. Anggrek merupakan tanaman hias yang memiliki bunga indah bernilai ekonomis tinggi. Nilai ekonomis yang tinggi dapat terlihat dari harga jual tanaman anggrek yang cukup tinggi dan menguras kantong. Lantas mengapa tanaman anggrek berdaya jual tinggi? Tanaman anggrek atau lebih lazim disebut dengan bunga anggrek mahal bukan hanya dari segi estetikan atau keindahannya saja. Tanaman bunga anggrek ini mahal karena tanaman ini sulit tumbuh dan mudah sekali mati. Tanaman anggrek memerlukan kondisi lingkungan yang sesuai dan optimal untuk pertumbuhannya.

Tanaman anggrek  juga sangat rentan atau sensitif terhadap sinar matahari dan hawa panas. Tanaman ini tidak boleh terkena cahaya matahari dan suhu panas berlebihan. Kebutuhan cahaya matahari tanaman anggrek sekitar 60-70 %, apabila lebih dari itu tanaman anggrek akan layu kemudian mati secara perlahan. Oleh sebab itulah tanaman anggrek sulit untuk dibudidayakan.

Namun anda tak perlu khawatir karena kini telah hadir solusi untuk masalah tersebut. Bila tanaman anggrek memerlukan lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhannya maka greenhouse adalah solusinya. Karena dengan budidaya anggrek didalam greenhouse maka lingkungan didalam greenhouse dapat dimanipulasi sesuai dengan lingkungan yang disukai tanaman anggrek sehingga tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik. Penyesuain lingkungan ini akan lebih mudah dilakukan didalam greenhouse dari pada diluar greenhouse atau dialam terbuka. Karena cakupan wilayah greenhouse lebih sempit bila dibandingkan dengan alam terbuka.

Untuk membuat lingkungan yang sesuai atau optimum untuk pertumbuhan tanaman anggrek, anda harus mempertimbangkan material atau bahan yang akan anda gunakan dalam pembuatan greenhouse. Karena kebutuhan cahaya tanaman anggrek berkisar antara 60-70% maka bahan atau material kaca kurang cocok untuk pembuatan greenhouse anda. Sebaiknya anda menggunakan bahan atau material yang mampu menahan radiasi sinar matahari yang berlebihan.

Salah satu bahan yang dapat anda coba untuk pembuatan greenhouse tanaman anggrek adalah plastik UV atau plastik ultra violet. Plastik ultra violet greenhouse merupakan plastik yang dirancang khusus dengan teknologi UV stabilizer didalamnya. Plastik ini mampu menahan sinar matahari atau radiasi gelombang ultra violet. Penggunaan plastik UV atau plastik utra violet pada greenhouse pada umumnya dibagian atap. Karena penggunaan plastik UV pada atap greenhouse akan memberikan perlindungan pada tanaman anggrek, jadi tanaman anggrek tidak akan mengalami koneksi langsung dengan sinar matahari. Tidak cukup sampai disitu saja penggunaan plastik UV pada atap greenhouse juga memberikan perlindungan terhadap huja. Jadi tanaman ini tidak akan patah, ruska maupun busuk akibat terkena hujan yang lebat.

Bila anda ingin menggunakan plastik UV pada atap greenhouse anda sebaiknya anda menggunakan kerangka greenhouse dari material kayu atau bambu, karena pemasangan plastik UV akan lebih mudah bila material kerangka greenhouse terbuat dari kayu atau bambu. Untuk bagian dinding greenhouse, anda dapat menggunakan paranet. Paranet merupakan material yang dianyam menyeruapi jaring. Paranet sangat umum digunakan dalam pembuatan greenhouse maupun rumah naungan. Apabila anda mengkombinasikan plastik UV dengan paranet maka sinar matahari dan hawa panas akan lebih sedikit yang masuk kedalam greenhouse karena plastik UV akan menahan sinar matahari yang berlebihan dari bagian vertikal atau atap.

Sementara itu paranet akan menahan sinar matahari berlebih dari arah horizontal serta memberikan sirkulasi udara didalam greenhouse dari lubang-lubang anyaman yang terdapat di paranet sehingga temperatur didalam greenhouse akan relatif rendah dan stabil. Keuntungan lain dari pengkombinasian plastik UV dengan paranet adalah masa pake atap dari plastik UV akan lebih lama karena fluktuasi panas dan dingin tidak besar.
Baca Juga Mengapa harus menggunakan plastik UV?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar