Jual Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Greenhouse: Penggunaan Plastik UV Untuk Penjemuran Hasil Panen dan Industri Batu Bata, Genteng, dll.

Jumat, 22 Juli 2016

Penggunaan Plastik UV Untuk Penjemuran Hasil Panen dan Industri Batu Bata, Genteng, dll.

Diguyur hujan beberapa hari belakangan ini, produsen batu bata mengalami penurunan produksi. Produsen batu bata merah menjemur batu bata merah dengan ditutupi plastik agar bentuk tetaplah utuh saat hujan. Seperti saat ini sebagian besar pulau Jawa sering diguyur hujan meski tengah musim kemarau. Fenomena alam yang sulit diprediksikan ini memaksa kita untuk memikirkan bagaimana produksi dan system pengeringan tetaplah jalan walaupun tengah hujan. Karena banyak pelaku UKM yang tidak bermodal besar, untuk system penjemuran dan pengeringan masih tetap menggunakan sinar matahari. mereka banyak yang belum bisa beli peralatan mesin pengering.

Tempat Kabupaten Rembang yang demikian hari belakangan ini sering diguyur hujan buat beberapa pengusaha kalang kabut atas momen itu. Satu di antara satu diantaranya yakni produsen batu bata merah yang mengaku produksinya alami penurunan akibat intensitas hujan yg tak menentu ini.

Satu di antara pengusaha produsen batu bata merah di dsn. Pereng Desa Jeruk, Kec. Pancur, Pak Juwadi, mengaku usahanya dalam produksi batu bata merah demikian hari terakhir ini mengalami penurunan. Ia mengaku, penurunan produksi ini disebabkan intensitas hujan yang turun belakangan ini tidak menentu. Ia menjelaskan, apabila cuaca panas jumlah batu bata yang bisa diproduksi bisa mencapai 1000 batu bata/harinya. Namun, karena keadaan hari belakangan ini cuaca di daerahnya cenderung hujan, sampai system produksi jadi terhambat. Belakangan ini, ia hanya bisa menghasilkan batu bata merah hanya 500 hingga 700 keping batu bata.

Memang tidak ada tuntutan dalam pembuatan batu bata merah itu, namun Juwadi mengaku hasil produksinya mengalami penurunan. Apabila cuaca panas hanya butuh dua hari untuk system pengeringan batu bata merah, namun pada cuaca tinggi curah hujan seperti ini bisa sampai 1 minggu dalam proses pengeringan itu. Ada cara mengakalinya, apabila turun hujan untuk batu bata merah yang sudah jadi tersebut ditutup plastik bening dalam system pembatuan agar dalam pembuatan batu bata merah tidak rusak bentuknya, walaupun kualitasnya sendiri berbeda dengan system umum.

Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Atap & Alas Penjemuran/Pengeringan
Solusi yang paling pas untuk proses pengeringan di saat cuaca tidak menentu adalah dengan menggunakan plastik UV. Kenapa menggunakan plastik UV, bukan plastik bening biasa? Karena plastik UV memang sudah didesain pemakaiannya untuk atap greenhouse, mengandung bahan kimia tertentu yang membuat plastik ini tetap awet, tidak mudah rusak oleh perubahan cuaca panas maupun hujan. Dan plastik UV memiliki ketebalan 200 mikron (0,20) jadi lebih tebal dan kuat dibanding plastik biasa. Kalau menggunakan plastik bening biasa dikuatirkan akan mudah robek, membutuhkan biaya perawatan yang lebih besar.

Plastik UV bisa digunakan untuk atap dalam proses pengeringan hasil panen seperti: padi, kedelai, jagung, kopi, teh, kakao, ikan, dll. Pun juga bisa digunakan untuk pengeringan pada isdustri batu bata, genteng, batako, paving, dll. Kami menjual plastik UV dengan kandungan UV protektor 6% dan 14%. Biasanya kalau untuk green house menggunakan kandungan UV yang 14%. Sedangkan untuk proses penjemuran dan pengeringan sebaiknya memakai kandungan UV yang 6%. Semakin besar kandungan UV protektor maka plastik akan semakin buram (gelap). Ukuran plastik UV: lebar 300cm, panjang 100m, tebal 200 mikron (0,20), berat sekitar 55-56kg per roll. warna bening agak buram seperti putih susu tapi lebih terang. Dengan dipayungi atap dari plastik uv maka tidak repot lagi kalau tiba-tiba hujan turun, tidak repot-repot harus memberekan jemuran.

Sedangkan plastik UV juga banyak digunakan untuk alas penjemuran, tujuannya agar sinar matahari yang masuk bisa dipantulkan lagi, sehingga proses pengeringan dari bagian bawah juga berlangsung, sehingga lebih cepat kering. Lebih maksimal jika barang yang dijemur tidak langsung bersentuhan dengan lantai, tapi diletakkan di atas bidak-bidak, sebelumnya bidak bagian atas dilapisi dulu dengan plastik UV.

Jika Anda membutuhkan plastik UV untuk info harga dan cara pemesanan silahkan hubungi kami SMS/Call/WA : 08123.258.4950 - 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564. Semua nomor aktif, jadi hubungi salah satu nomor saja, call dan WA hanya dilayani pada jam kerja pkl. 08.15-16.00 WIB. Diluar jam kerja hanya dilayani SMS. Hari Minggu dan hari besar tutup.
* Baca juga Mengapa Harus menggunakan Plastik UV Greenhouse?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar