Jual Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Greenhouse: Manfaat Lain Plastik UV Untuk Kolam Ikan

Kamis, 25 Mei 2017

Manfaat Lain Plastik UV Untuk Kolam Ikan



Harganya yang murah, tahan lama, pemasangan mudah, kemampuannya yang baik membuat plastik UV banyak dipilih terutama sebagai penutup atap greenhouse. Intensitas sinar matahari yang dapat diteruskan plastik UV ini adalah 80%. Ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tumbuh tanaman secara optimal.

Namun selain kegunaannya dalam bidang budidaya tanaman, ternyata juga dapat digunakan sebagai atap kolam ikan. Karena kini tehnologi sudah semakin canggih, saat ini jarang kolam ikan yang peneduhnya menggunakan terpal, sudah banyak yang beralih memakai plastik UV. Kegunaan plastik UV tersebut yakni untuk mengurangi intensitas cahaya matahari berlebih yang menerpa permukaan air. Panas dari cahaya matahari ini dapat mempercepat penguapan dan meningkatkan suhu air permukaan kolam. Tentu ini berbahaya bagi kelangsungan hidup ikan yang ada di dalamnya.

*Baca juga Mengupas Tuntas Cara Budidaya Tanaman Air (Aquascape) Secara Benar & Praktis!

Penguapan yang terlalu cepat ini dapat mengakibatkan pengurangan air secara drastis dan meningkatkan konsentrasi padatan dalam air, sehingga semakin keruh. Suhu air yang tinggi juga dapat mengganggu metabolisme organisme air yang bermanfaat sebagai pakan ikan seperti plankton, jentik nyamuk, dan berbagai jenis organisme autotrof. Organisme autotrof adalah organisme yang dapat melakukan aktivitas fotosintesis dan menghasilkan energi dari proses tersebut. Organisme ini dapat menjadi tambahan pakan alami bagi ikan.

Plastik UV memiliki kemampuan untuk mengurangi intensitas cahaya berlebih dengan cara memantulkan sebagian radiasi ke atmosfer dan juga meneruskan sisanya. Intensitas sinar matahari yang dapat diteruskan plastik jenis ini adalah sekitar 80%. Jenis plastik UV yang umumnya diperdagangkan di Indonesia untuk kebutuhan greenhouse adalah jenis UV 6%, 8%, 12% dan 14% dengan ketebalan sekitar 0.15-0.20 mm.

Persentase tersebut menunjukan kandungan kimia yang terkandung. Semakin besar nilai persentase maka semakin banyak pula kandungan kimianya. Selain itu juga ditandai dengan warnanya yang semakin buram atau semakin tidak tembus pandang. Artinya adalah semakin besar nilai persentase, maka semakin banyak pula cahaya yang dipantulkan kembali ke atmosfer dan semakin sedikit cahaya yang diteruskan. Begitu pula sebaliknya. Ketebalan juga dapat mempengaruhi kemampuan plastik UV dalam meneruskan cahaya matahari dengan korelasi yang sama seperti persentase bahan kimia.

Pemilihan plastik UV yang tepat sangat mempengaruhi hasil dari kolam ikan Anda. Dalam hal kemampuan menahan cahaya UV berlebih maka plastik UV berkadar 14% menjadi pilihan tepat untuk Anda. Jenis ini mampu mengurangi cahaya paling besar dibandingkan jenis lainnya. Namun tetap dapat meneruskan cahaya dengan optimal.

Sejumlah energi radiasi matahari yang diteruskan plastik UV sebagian akan diserap oleh bermacam-macam oleh komponen eksosistem kolam seperti tanaman, air, tanah, batu, ikan, dan mikroorganisme autotrof. Sebagian radiasi juga dipantulkan kembali. Proses ini akan menciptakan peningkatan suhu udara dan air kolam.

Terpal Plastik Harga Murah!!
Hub. 081232584950 | 087702821277 | 08523392556
Intensitas suhu dan panas matahari yang cukup dalam proses ini sangat bermanfaat terutama ketika proses pembibitan ikan dan perkembangan ikan. Hal ini tentu akan sangat membantu agar hasil produksi meningkat.
Demikian bahasan mengenai manfaat plastik UV untuk atap kolam ikan, terutama dalam mengurangi penguapan air dan suhu lingkungan berlebih yang tidak baik untuk ekosistem kolam. Semoga tulisan ini bermanfaat terutama bagi Anda yang sedang menggeluti bidang peternak ikan

Untuk info harga plastik UV terupdate silahkan klik DISINI . Info selengkapnya hub : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar