Jual Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Greenhouse: Inilah Keuntungan Penggunaan Plastik Sungkup Dalam Pembibitan Lada Solor

Senin, 05 Juni 2017

Inilah Keuntungan Penggunaan Plastik Sungkup Dalam Pembibitan Lada Solor


Fungsi plastik sungkup yaitu pengganti rumah kaca tetapi ukurannya lebih kecil sehingga dapat menaungi jumlah bibit tertentu atau ukuran bedengan tertentu. Produk ini diciptakan dengan berbentuk melengkung mirip setengah lingkaran. Umumnya, produk ini diaplikasikan dengan lembaran plastik (plastik film)  sebagai penutup tanaman dari sinar matahari atau air hujan atau bisa juga di tutup dengan kain jala untuk melindungi tanaman dari serangan hama.

Naungan type ini sangat mudah untuk dipindah-pindah. Ukuran plastik yang digunakan disesuaikan dengan ukuran tanaman yang akan disungkup. Plastik ini hanya dapat digunakan maksimal dua kali masa pakai. Hal ini disebabkan nilai sterilitas plastik sudah jauh berkurang. Plastik yang tidak steril dapat mengakibatkan tanaman mudah terserang busuk.
*Jangan lewatkan Manfaat Lain Plastik UV Untuk Kolam Ikan

Apakah Dalam Pembibitan Lada Solor, bibit harus disungkup? Artikel kali ini membahas mengenai penggunaan sungkup (naungan) pada proses pembibitan lada solor. Pembahasan ini dirangkum dari forum diskusi petani. Apa fungsi penggunaan sungkup? apa manfaatnya disungkup? dan bagaimana jika tidak disungkup?

Kegunaan utama dari kultur jaringan atau sungkup adalah untuk mendapatkan tanaman baru dalam jumlah banyak dalam waktu yang relatif singkat, yang mempunyai sifat fisiologi dan morfologi sama seperti induknya. Dengan penerapan kultur jaringan atau sungkup ini diharapkan juga diperoleh tanaman baru yang bersifat unggul.

Sungkup lebih sering digunakan pada teknik grafting atau sambung pucuk / tunas. Selain berfungsi untuk menjaga kelembaban udara juga berfungsi untuk melindungi tanaman yang terluka (sel-sel terbuka) patogen penyebab penyakit tidak akan memasuki daerah tersebut asalkan steril.

Jadi dalam pembibitan lada solor dengan teknik stek, apakah setelah bibit ditanam dalam polybag lalu disusun kemudian harus disungkup? apakah bibit lada akan mampu tumbuh dengan baik?

Seperti yang sudah banyak dipraktekkan di wilayah Jawa, bibit yang disungkup mampu hidup sekitar 90%, tapi jika tidak disungkup paling cuma hidup berapa persen saja. Kalau disungkup itu baha/entres itu tetap segar, dan jika sudah tumbuh tunas baru maka tidak layu.
*Info harga terupdate tentang plastik sungkup bisa Anda klik DISINI

Jadi dapat disimpulkan Fungsi & Manfaat Sungkup Plastik, antara lain :
- Pemanfaatan sungkup plastik ini dapat menurunkan suhu & meningkatkan kelembaban udara.
- Plastik sungkup mampu menyebabkan kadar lengas tanah lebih awet maka ketersediaan air bagi tanaman lebih maksimal, sehingga pertumbuhan tanaman bisa lebih baik.
- Plastik Sungkup Sanggup menghalangi serangan hewan/serangga pengganggu tanaman.

Demikian pembahasan Fungsi Penggunaan Sungkup Dalam Pembibitan Lada Solor, semoga dapat bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar