Jual Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Greenhouse: Pemanfaatan Plastik UV Untuk Segala Usaha Perindustrian & Pengeringan

Selasa, 18 Juli 2017

Pemanfaatan Plastik UV Untuk Segala Usaha Perindustrian & Pengeringan



Perkara cuaca untuk sebagian UMKM memberi dampak besar dalam menentukan jumlah produksi yang bisa dicapai. Untuk usaha UMKM seperti industri batu bata industri batako, industri genteng maupun industri makanan seperti kerupuk dan snack. Biasanya pelaku UMKM masih menggunakan metode pengeringan hasil produksi dengan cara konvensional dan mengandalkan 100 persen sinar matahari. Hal ini akan menjadi mudah dan murah bila dilakukan pada saat musim kemarau.

Proses pengeringan bisa berlangsung cepat sehingga tidak mengganggu proses produksi yang bisa menyebabkan produktivitas turun. Akan tetapi menjelang musim hujan proses pengeringan menjadi lamban hal ini bisa menyebabkan produktivitas menurun. Bila di musin kemarau proses pengeringan hanya memerlukan waktu 2 harian tapi memasuki musim hujan proses pengeringan bisa menjadi satu minggu lebih ini yang menyebabkan produktivitas menurun. Belum lagi cuaca ekstrim yang terjadi akhir akhir ini bisa menyebabkan kegagalan produksi.
Hujan yang mendadak ditengah tengah panas terik membuat produk yang dijemur tidak sempat diangkat sehingga kehujanan dan menyebabkan kerusakan bentuk pada produk batako, batubata, maupun genteng. Untuk krupuk dan snack jika kehujanan akan menyebabkan produk menjadi berjamur. Dengan kendala tersebut diatas tentu menyebabkan sangat menyulitkan para pengusaha umkm yang masih memiliki keterbatasan modal sehingga tidak memiliki mesin pengering.
*Baca juga Hama dan Penyakit Tanaman Obat (Jahe)

Dengan adanya plastik UV sebenarnya kendala tersebut diatas bisa di atasi dengan biaya yang masih terjangkau jika dibandingkan dengan pembelian mesin pengering. Plastik UV adalah plastik yang mengandung protektor. Yaitu zat kimia yang bisa menahan sinar ultraviolet sinar matahari. Biasanya untuk proses pengeringan digunakan jenis plastik UV dengan kandungan UV protektor 6 persen. Plastik UV jenis ini sangat cocok untuk proses pengeringan dikarenakan tampilan fisiknya lebih terang dibandingkan plastik UV yang mempunyai kandungan UV protektor lebih tinggi. Karena untuk plastik UV dengan kandungan uv protektor 14 persen tampilan fisiknya lebih buram. Plastik UV jenis ini cocok untuk pembuatan atap greenhouse.

Dalam membantu proses pengeringan untuk batubata, batako maupun genting. Fungsi plastik UV dengan kandunga uv protektor 6 persen digunakan sebagai atap. Untuk rangkanya bisa dengan menggunakan bambu, pipa plastik atau rangka baja ringan. Keuntungan yang di dapat pemanfaatan plastik UV ini adalah mengurangi beban pekerjaan jika hujan maka tidak perlu repot mengangkat batu bata , batako maupun genting ke tempat yang lebih aman. Hal ini bisa menghemat tenaga. Selain itu dengan pemanfaatan plastik UV mampu membuat proses pengeringan tetap berjalan walaupun ada perubahan kondisi cuaca baik yang sudah diprediksi maupun yang sifatnya mendadak. Plastik UV mampu menstabilkan suhu dibawahnya dengan suhu normal pada siang hari dan mampu menyimpan panas sehingga malam hari tetap terjadi proses pengeringan.Dengan pemakaian plastik UV maka kendala pengeringan dikarenakan perubahan cuaca akan bisa teratasi.

Untuk proses pengeringan kerupuk serta snack makanan lainnya. Kegunaan plastik UV yang pertama sama dengan proses pengeringan pada batubata batako maupun genting. Akan tetapi untuk kerupuk dan snack, plastik UV bisa digunakan sebagai alas juga dalam proses pengeringan. Ini untuk menghindari produk menjadi kotor. Disamping itu pemanfaatan plastik UV sebagai atap maupun sebagai alas membuat proses pengeringan menjadi lebih efisien. Sebagai alas, plastik UV mampu menyalurkan sinar matahari yang diserapnya. Proses pengeringan dengan mmenggunakan plastik UV membantu produk terhindar dari jamur yang biasa melekat jika produk menjadi lembab dikarenakan cuaca yang tidak mendukung.

Menjadi pertanyaan mengapa tidak memakai plastik biasa saja. Harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan plastik UV. Keunggulan Plastik UV dibandingkan dengan plastik biasa adalah plastik UV jauh lebih tahan lama tidak mudah rusak walaupun mengalami perubahan cuaca dari panas dan hujan. Plastik UV juga lebih lentur sehingga tidak mudah sobek maupun pecah jika terkena terpaan angin kencang maupun panas matahari. Kemudian adanya tambahan zat additive kimia pada plastik UV menyebabkan plastik UV mampu menstabilkan suhu pada kondisi cuaca apapun. Selain itu plastik UV mampu bertahan sampai 3 tahunan walaupun setiap hari terkena panas dan hujan.

Dengan melihat uraian diatas bisa dipastikan kegunaan dari plastik UV untuk proses pengeringan suatu produk. Dengan mempelajarinya kita bisa menentukan plastik UV yang cocok sesuai keperluan kita. Semoga bermanfaat.

Anda sudah tidak perlu bingung lagi untuk membeli plastik UV , kami menjual plastik uv import maupun lokal ,tak perlu khawatir dengan pengiriman. Jika anda membutuhkan plastik uv silahkan hub 085233925564 | 087702821277 | 081232584950. Info harga termurah plastik uv untuk pengeringan silahkan klik DISINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar