HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan


1.Memilih Bibit Cermai yang Berkualitas

Bibit cermai bisa diperbanyak dari tempelan, biji dan juga cangkokan. Dianjurkan kita memilih dari hasil cangkok karena cara ini mudah dan cepat tumbuh. Sahabat Tani Organik bisa mencangkoknya sendiri pada tanaman induknya, namun apabila ingin instan sahabat bisa membelinya di toko bibit setempat. Saat membeli bibit jangan asal kita dapat bibitnya, namun perhatikan juga apakah bibitnya berkualitas baik, sehat bebas dari hama dan penyakit, memiliki daun hijau segar tidak layu dan kuning, dan batang yang kokoh tidak kecil dan kering.

2.Memilih Lokasi Penanaman

Tanaman cermai dapat tumbuh secara optimal di dataran rendah bersuhu kisaran 30-35ºc dengan ketinggian sampai 1000 mdpl. Untuk lokasi yang diharapkan dalam penanaman, perlu dilihat dari beberapa faktor yakni bersih dari gulma-gulma yang tumbuh di area bakal tanam, area tidak terlalu sempit, tanah cukup gembur dan kaya dengan unsur hara, lokasi tanam jangan ternaungi, harus mendapatkan sinar matahari sepanjang hari.

3.Membuat Lubang Tanam

Setelah hal diatas telah terpenuhi, kita siap untuk membuat lubang tanam. Cangkulah area tanam dengan ukuran 50x50x50cm. Kemudian siapkan juga tanah+kompos/pupuk kandang yang telah difermentasi+sekam diaduk hingga tercampur semua, ini digunakan untuk menutup lobang ketika bibit akan ditanam supaya media kaya akan nutrisi baik bagi pertumbuhan bibit cermai.

4.Mengistirahatkan Lahan

Lubang tanam dibiarkan selama seminggu, tujuan menghilangkan gas-gas beracun yang ada pada lubang tanam. Campuran tanah+kompos+sekam yang sudah disiapkan diistirahatkan juga dengan menjemurnya dibawah sinar matahari agar campuran media terhindar dari bakteri pembawa penyakit pada tanaman cermai.

5.Mulai Menanam

Kita siap untuk melakukan penanaman bibit cermai. Letakkan pangkal akar bibit cermai pada lubang tanam, jika bibit cermai didapat dari toko bibit, biasanya bibit sudah tertanam dalam polybag. Plastik polybag di sobek sobek pada bibit cermai, jangan sampai media pada polybag putus pada perakarannya. Posisi bibit harus tegak lurus jangan sampai posisi miring.

6.Menutup Lubang Tanam

Lalu bibit diletakan pada lubang tanam, segera tutup dengan media campuran tanah+kompos+sekam yang telah kita persiapkan, tutup sampai merata. Supatya tanaman kokoh, penutup lubang tanam dipadatkan sedikit bisa diinjak-injak, namun jangan terlalu padat sebab akan menghambat perkembangan akar tanaman cermai.

7.Penyiraman

Kita berikan penyiraman pertama pada bibit cermai yang sudah tertanam. Penyiraman dilakukan pada seluruh bagian tanaman dan juga media tanamannya hingga meresap, namun jangan sampai becek. Penyiraman yang teratur bisa dengan menggunakan embrat.

8.Memasang Ajir

Penanaman bibit dianjurkan sekali untuk memasang ajir, sebab ajir beguna untuk menopang bibit agar lebih kokoh tidak rentan roboh dan perubahan posisi yang biasanya diakibatkan dari terpaan angin yang kencang atau gangguan hewan. Ajir bisa kita buat sendiri dari bambu yang diiris, berkisar ukuran panjangnya 1,5 meteran.

Baca Juga :
Rahasia Sukses Berkebun Dengan Minim Biaya PerawatanSyarat Sukses Budidaya Tanaman Hias Krisan7 Keuntungan yang Akan Dirasakan Jika Menggunakan Greenhouse Untuk PertanianCara Budidaya Tanaman Obat (ciplukan) Dalam Pot
Manfaat Lain Plastik UV Untuk Kolam Ikan
Cara Mencegah Agar Tanaman Lidah Budaya Tidak Mati !!!
 

9.Pemupukan Rutin

Dengan pemberian pemupukan secara rutin, tanaman akan tumbuh dengan optimal. Nutrisi yang diserap tanaman cermai, membuat tanaman sehat, kebal akan terserangnya penyakit, dan melesat tumbuh dengan cepat. Takaran pemupukan rutin yang akan kami berikan, ada 2 versi bisa dengan cara organik atau kombinasi kimia.

    Bentuk komkbinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
    Sedangkan dalam bentuk Organik : 1 sdm KOCOR BMW + 1 sdt POC BMW

Aplikasikan pemupukan ini secara rutin 1 bulan sekali.

10.Merangsang Munculnya Bunga/Buah

Dapat dipanen buahnya setelah kisaran umur 3-5 tahunan. Namun untuk mempecepat tumbuhanya pembuahan perlu kita aplikasikan hormon perangsang buah. Hormon perangsang buah akan memacu tanaman membentuk pembuahan lebih cepat. Pada umumnya hormon perangsang buah yang dapat kita gunakan yaitu POC BMW. Tidak hanya tanaman cepat berbuah, namun hasil buahnya pun lebih padat dan berkualitas. Aplikasi POC BMW dengan disemprotkan kebagian tanaman dengan dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air, intervalnya 7-10 hari sekali.

11.Perawatan

Perawatan dengan kita lakukan diantaranya penyiraman 1-2 kali sehari karena tanaman cermai menghendaki media yang lembab, namun atur jangan terlalu becek. Rumput-rumput yang tumbuh disekitaran tanaman harus dibersihkan. Apabila terdapat hama penyakit penanggulangannya bisa dengan aplikasikan dengan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air dengan cara disemprotkan. Bisa dengan mencampur fungisida hayati NOPATEK 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air dengan cara disemprotkan.

Manfaat lain buah cermai untuk kesehatan :

1. Membantu mengatasi konstipasi (sembelit)
Dalam buah cermai ditemukan kadar serat yang tinggi, kebanyakan adalah jenis serat larut air yang memiliki daya dorong cukup kuat melancarkan BAB.

2. Membantu mengatasi diare
Karena kinerjanya sangat baik pada sistem pencernaan. Perannya dalam fungsi pencernaan dijelaskan mendalam dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science tahun 2011 bertajuk ‘Phytochemistry, traditional uses and cancer chemopreventive activity of Amla.’

Buah ini bisa pula digunakan untuk mengatasi diare. Kandungan serat gandanya beberapa merupakan serat tak larut. Disempurnakan dengan kandungan sejumlah enzim, mengonsumsi cermai matang akan membantu mengatasi keluhan diare dengan memadatkan kembali BAB yang terlalu cair.

3. Membantu mencerna protein
Sebagaimana dijelaskan bahwa buah cermai mengandung kadar enzim yang cukup baik untuk meningkatkan kinerja pencernaan. Salah satunya bekerja membantu proses pencernaan protein. Protein yang terproses dengan baik siap untuk diserap oleh liver untuk menjadi komponen asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Protein yang tersalurkan dengan baik dalam tubuh akan membantu mencegah terbentuknya cadangan lemak yang membungkus otot. Protein juga penting dalam sejumlah proses regenerasi sel hingga untuk kinerja otak.

4. Membantu menyerap kalsium
Buah cermai mampu memaksimalkan daya serap tubuh terhadap kalsium. Ini berkat kadar vitamin C di dalamnya yang tinggi disertai sejumlah enzim yang memiliki peran dalam penyerapan kalsium. Ditambah dengan kadar kalsium yang juga terdapat dalam cermai, buah ini diam-diam juga baik untuk kesehatan tulang. Ini dijelaskan dalam ulasan American Journal of Nutrition tahun 1982 bertajuk ‘Calcium bioavailability and absorption: a review.’

5. Membantu pasien diabetes
Dalam buah cermai terkandung kromium, sejenis senyawa mineral yang berperan terhadap proses penyerapan glukosa dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin.

Sekian ulasan artikel mengenai Cara Budidaya Cermai Di Lahan Perkebunan, manfaat dari tanaman cermai ini memang sangat banyak, dan berbangga lah yang mempunyai tanamannya..

Jika Anda Butuh Polybag, Plastik Sungkup, Plastik Mulsa,Plastik UV, Insectnet, dll Silahkan Menghubungi CV. Lim Corporation 
031-8830487
0852 3392 5564
0877 0282 1277
0812 3258 4950

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan"

Posting Komentar