HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

6 Macam Media Tanam Hidroponik yang Berkualitas

Jual Plastik UV Pertanian Murah - Lim Corporation

Bercocok tanam memakai konsep hidroponik kian digemari oleh banyak orang. Hidroponik sendiri merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanam berupa tanah yang umum digunakan melainkan diganti dengan larutan air yang mengandung nutrisi untuk mendukung tumbuhan supaya dapat tumbuh dengan baik. Jika Anda memiliki keinginan untuk memulai bercocok tanam secara hidroponik, sebaiknya untuk mengenali terlebih dahulu macam-macam media tanam hidroponik terbaik yang paling bagus. Dengan mengetahui lebih dini, tentu Anda bisa dengan mudah menentukan serta menyesukaikan media tanam yang sesuai dengan budget Anda. Berikut akan tanamtanaman.com sebutkan apa saja nama-nama media tanam hidroponik yang kaprah digunakan untuk berhidroponik.

BACA JUGA: 

1. Arang Sekam
Dari sekian banyak macam-macam media tanam hidroponik, arang sekam merupakan media tanam yang paling populer dan banyak dipakai. Arang sekam dianggap sebagai media tanam hidroponik yang sangat steril, murah, dan juga lebih efisien. Kelebihan yang dimiliki dari arang sekam antara lain terdapatnya komponen kimiawi contohnya protein kasar, kadar air, abu, lemak, serat kasar, karbon, oksigen, karbohidrat, hidrogen, dan silika. Sedangkan keunggulan dari arang sekam sebagai media tanam merupakan harga yang dipatok sangat murah. Untuk mendapatkan arang sekam juga mudah, apalagi jika Anda tinggal di pedesaan, arang sekam dapat diperoleh secara cuma-cuma. Selain itu, segala unsur yang dapat merugikan tumbuhan telah lenyap dari arang sekam melewati proses pembuatannya dengan cara dibakar. Keuntungan lain dari arang sekam sebagai media tanam merupakan pemakaianya yang lebih efisien dikarenakan bobot sangat ringan, gampang dibuat, dan mudah untuk diaplikasikan.

2. Spons
Spons dikenal baik oleh orang-orang yang telah lama melakukan budidaya tumbuhan hias. Media tanam yang satu ini memiliki bobot sangat ringan sehingga saat diaplikasikan akan mudah untuk dipindahkan dan ditempatkan di mana saja. Bobot ringan yang dimiliki oleh spons sebagai media tanam tidak membutuhkan pemberat lagi karena setelah disiram air maka spons akan menyerap air sehingga tumbuhan akan menjadi tegak. Hasil yang diperoleh dengan memanfaatkan media tanam hidroponik berupa spons merupakan pertumbuhan tumbuhan lebih prima, dan dapat dipakai selama-lamanya. Sudah banyak orang yang membuktikan sendiri bahwa spons dapat membuat tumbuhan lebih subur tanpa perlu untuk proses adaptasi. Kelebihan lain yang dimiliki oleh spons yaitu mampu untuk menyimpan kandungan air sampai waktu 2 minggu, ditambah kekebalannya terhadap jamur yang berisiko merusak tumbuhan.
Plastik Uv Pertanian
3. Expanded Clay
Bagi Anda yang belum tahu, expanded clay atau hidroton merupakan produk dari tanah liat yang termasuk ke dalam macam-macam media tanam hidroponik terbaik. Hidroton diperoleh melalui proses pemanasan dengan suhu mencapai lebih dari 1000 derajat C. Media tanam yang satu ini sangat populer di kalangan para petani hidroponik di Jerman. Expanded Clay atau hidroton dianggap juga sebagai media tanam yang sangat praktis dan mudah untuk diimplementasikan karena mempunyai bentuk berupa bulatan-bulatan lempung yang berukuran sangat kecil seperti kelereng. Expanded clay (hidroton) sebagai media tanam juga memiliki banyak kelebihan untuk membudidaya tumbuhan secara hidroponik seperti kemampuannya untuk menyimpan kandungan air bersih dengan baik, pH netral, stabil, serta mempunyai aerasi yang terbilang cukup sempurna.

4. Rockwool
Media tanam hidroponik lain yang tidak kalah populer di kalangan para petani hidroponik merupakan rockwool. Media tanam yang satu ini juga menyimpan banyak kelebihan yang tidak banyak dimiliki pada media tanam lainnya, terutama dalam urusan perbandingan komposisi pada air dan udara yang mampu disimpan pada media tanam rockwool. Rockwool sendiri merupakan media tanam yang bersifat sangat ramah terhadap lingkungan yang terbuat dari kombinasi batu, contohnya dari batuan basalt, batu bara, dan batu kapur yang dipanaskan pada suhu sekitar 1.600 derajat C hingga meleleh menyerupai lava yang selanjutnya berubah bentuk menjadi serat-serat. Setelah dingin, kumpulan serat tersebut akan dipotong menyesuaikan dengan kebutuhan. Di dalam rockwool yang terkandung pH yang cenderung sangat tinggi bagi beberapa jenis tumbuhan sehingga membutuhkan perlakuan yang khusus sebelum rockwool djadikan sebagai media tanam.

https://bit.ly/2dWIjly

5. Serbuk Sabut Kelapa (Cocopeat)
Media untuk pertumbuhan tumbuhan yang satu ini tergolong sebagai media tanam organik. Sabut kelapa yang pada umumnya dijumpai sebagai alat pencuci panci, dijadikan sapu, dan kesetan ini sekarang pemakaianya mulai berkembang menjadi media tanam hidroponik yang ditemukan pada tahun 80-an oleh Dutch Plantin, sebuah lembaga yang pertama kali melaporkan bahwa serbuk halus yang diperoleh dari sabut kelapa dapat untuk dijadikan sebagai media bercocok tanam hidroponik. Di daerah luar negeri, serbuk sabut kelapa atau cocopeat juga dikenal sebagai sebutan coir pith, coir fibre pith, coir dust, dan atau coir yang berarti sabut. Serbuk sabut kelapa sebagai media tanam diklaim juga memiliki daya tampung air yang sangat tinggi. Serbuk sabut kelapa diketahui juga mampu menyimpan air hingga 73% atau 6 sampai 9 kali lipat dari volumenya. Dengan ini maka kegiatan bercocok tanam hidroponik Anda akan sangat hemat air karena intensitas penyiraman yang dilakukan sangat jarang.

6. Perlit
Bagi Anda yang baru belajar untuk bercocok tanam hidroponik, maka kenali terlebih dulu macam-macam media tanam hidroponik dengan spesifikasinya masing-masing. Perlit merupakan salah satu jenis media tanam yang berwujud mineral dengan bobot ringan, juga memiliki kapasitas tukar kation, dan daya serap air yang tidak terlalu banyak. Perlit merupakan media tanam yang bersifat anorganik dan berasal dari batu silika yang dipanaskan pada suhu sangat tinggi sehingga mencair dan diubah ke dalam ukuran kecil. Kelebihan yang dikantongi oleh media tanam ini antara lain berkemampuan untuk menyimpan nutrisi atau unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah tinggi, serta sistem drainase yang sangat baik. Pemakaian perlit sebagai media penopang tumbuhan sebaiknya dapat dikombinasikan dengan bahan tanam bersifat organik supaya tumbuhan dapat menyerap unsur-unsur hara secara lebih optimal.
banner-plastik
Plastik UV Pertanian
 *Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik UV untuk greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP ).

Customer Service :
Telp : 031 - 8830487 ( Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB )
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
- Minimal order 3 roll
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu - waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Macam Media Tanam Hidroponik yang Berkualitas "

Posting Komentar