HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Lengkap Budidaya Minapadi, Apa Sajakah Keuntungannya?

Jual Plastik UV Pertanian - Lim Corporation

Apa itu MINAPADI? Apa yang dimaksud dengan MINAPADI? Bagaimana cara dan langkah – langkah serta tahapan dalam budidaya MINAPADI? Minapadi merupakan suatu bentuk sistem usaha tani dalam bidang pertanian padi sawah dan budidaya ikan air tawar. Minapadi terdiri dari dua kata, yaitu “mina” yang berarti ikan dan “padi”, yang dapat diartikan sebagai gabungan budidaya ikan dengan padi. Minapadi merupakan gabungan (combined farming) antara dua budidaya dari komoditi yang berbeda, yakni budidaya tumbuhan padi sawah dengan budidaya ikan. Minapadi dapat dianalogikan sebagai sistem tumpangsari seperti pada tumbuhan budidaya pada umumnya. Bedanya minapadi merupakan gabungan dari dua bidang usaha tani yang sama sekali berbeda, yaitu pertanian dan perikanan. Diantara persamaan tumpang sari dengan minapadi adalah dapat memanfaatkan setiap ruang pada suatu lahan untuk meningkatkan efesiensi pemakaian lahan yang bertujuan untuk dapat meningkatkan penghasilan. Kedua sistem usaha para petani ini sama-sama memanfaatkan satu lahan untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus.

Sejarah Sistem Minapadi

Beberapa waktu lalu, sistem minapadi di daerah Sleman Yogyakarta menghebohkan dunia. Berawal dari berita di media yang mengabarkan tentang keberhasilan budidaya sistem minapadi yang dilakukan petani di Sleman – Yogyakarta. Minapadi ini mulai saat dikembangkan sejak pada bulan oktober tahun 2015 lalu. Bahkan keberhasilan minapadi di Sleman tersebut mendapat apresiasi dari FAO (Food and Agriculture Organization) atau organisasi pangan dan pertanian sedunia. FAO menetapkan sistem minapadi di Sleman tersebut sebagai percontohan teknologi budidaya sedunia.

Varietas Padi dan Jenis Ikan

Di Sleman, Yogyakarta sekarang ini total lahan sawah yang dikelola sebagai minapadi lebih dari 25 hektar. Widi Sutikno (Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman) menyarankan untuk metode budidaya minapadi petani memakai padi varietas ciherang dan ikan yang dibudidayakan jenis nila. Tidak tertutup kemungkinan untuk memakai varietas padi lainnya serta jenis ikan yang lain, seperti gurami misalnya. Sedangkan pola tanam padi yang digunakan yaitu sistem jajar legowo. Benih ikan nila yang dibutuhkan untuk 1 hektar lahan yaitu 12.000 ekor benih. Proyek percontohan budidaya minapadi ini telah dilakukan di dua propinsi, yaitu Yogyakarta dan Sumatera Barat dengan total luas lahan 50 hektar.

BACA JUGA: 

Beberapa keuntungan dan kelebihan dari penerapan sistem budidaya minapadi antara lain sebagai berikut ;

1). Biaya produksi padi rendah, dengan sistem minapadi biaya dapat ditekan hingga 50%, 2). Hemat biaya dan waktu penyiangan rumput padi. Dengan sistem minapadi rumut atau gulma padi tidak dapat tumbuh sehingga tidak perlu dilakukan penyiangan. 3). Hemat biaya pembelian pestisida dan herbisida, sistem mina padi tidak memakai pestisida dan herbisida kimia sebab dapat meracuni ikan yang dibudidayakan, 4). Padi yang dihasilkan merupakan padi organik yang lebih sehat karena tidak memakai pestisida kimia, 5). Hama tumbuhan padi berkurang, karena telur-telur dari hama sebelum menetas dimakan ikan. 6). Hama tikus berkurang, tikus sebagai hama utama pada tumbuhan padi tidak dapat masuk kelahan sawah karena air terus menggenang, 7). Sistem mina padi tidak mengurangi jumlah rumpun padi, bahkan produksi padi semakin meningkat, 8). Produksi gabah dapat mencapai 8 ton perhektar, jika hanya padi saja produksi gabah tidak lebih dari 6 ton perhektar, 9). Sistem budidaya minapadi dapat menekan hama wereng, 11). Meningkatkan pendapatan para petani juga memperoleh keuntungan ganda, dari hasil panen padi dan panen ikan yang dibudidayakan. 12). Hemat biaya pembelian pupuk. pemakaian pupuk lebih hemat karena pemupukan hanya dilakukan sekali pada awal tanam saja. 13). Keluarga para petani juga memperoleh asupan protein gratis dari ikan yang dibudidayakan.
Plastik Uv Pertanian
Tips Cara Budidaya Padi dan Ikan (MINAPADI)

1. Persiapan Lahan Budidaya MINAPADI (Untuk lahan seluas 1000 m2)

a). Lahan diolah dengan cara diluku/dibajak selanjutnya digaru. Setelah selesai, biarkan selama beberapa hari supaya mengendap terlebih dulu. b). Dengan pembuatan saluran / carem sekeliling lahan dan pembuatan pintu masuk dan pintu keluar air. c). Sistem penanaman padi yang dipakai yaitu pola tanam jajar legowo 2 : 1. Kemudian bdiamkan selama kurang lebih 15 hari. d). Untuk jenis padi yang dipakai yaitu varietas ciherang. Dengan pertimbangan varietas ini tidak dapat mudah roboh karena batangnya tidak terlalu tinggi. Varietas ini juga tahan terhadap genangan air. e). Pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk NPK Phonska dan Urea. f). Perbaikan pematang sawah, g). Pembuatan kolam dengan kedalaman sekitar  70 – 80 cm. h). Pemasangan jaring yang berfungsi sebagai penghalau hama padi dan hama ikan.

2. Pelaksanaan Budidaya Padi dan Ikan (MINAPADI)

a). Pemupukan urea dan NPK phonska dilakukan setelah tumbuhan padi berumur 7 hari setelah tanam. Untuk luas 1000 m2 lahan juga membutuhkan 15 kg urea dan 30 kg NPK phonska. b). Bibit padi sebaiknya ditanam tidak terlalu tua, yaitu sekitar usia 17 sampai  20 hari. c). Sistem penanaman padi memakai pola tanam jajar legowo 2:1. d). Setelah bibit padi selesai ditanam, biarkan lahan selama 14 hari dalam kondisi macak-macak (tidak digenangi air). e). Selanjutnya pemasangan jaring penghalau hama untuk menutupi seluruh permukaan sawah. Untuk lahan luas 1000 m2 diperlukan sekitar 3 rol jaring.
https://bit.ly/2dWIjly

3. Penebaran Bibit Ikan dan Pemeliharaannya

a). Bibit ikan ditebar setelah tumbuhan padi berumur 14 hari (2 minggu). Untuk luas 1000 m2 lahan sawah diperlukan bibit ikan sebanyak 1200 sampai 1500 ekor bibit. b). Dengan melakukan pemeliharaan ikan yang meliputi pemberian pakan, pengelolaan air dan pengawasan. c). Pada pemberian pakan pelet ikan dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore. Pakan diberikan 2% dari total biomasa. Pakan sebaiknya dicampur dengan probiotik. d). Ketinggian air rata-rata 75 cm pada saluran dan kolam, sedangkan ketinggian air pada tumbuhan padi sekitar 30 cm. f). Pintu masuk air dan pintu keluar air juga dipasang saringan. Periksa saringan sesering mungkin dan segera bersihkan jika kotor supaya air tidak meluap. g). Jangan melakukan penyemprotan tumbuhan padi memakai pestisida kimia karena dapat meracuni ikan-ikan yang ada.

banner-plastik
Plastik UV Pertanian
*Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik UV untuk greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP ).

Customer Service :
Telp : 031 - 8830487 ( Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB )
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
- Minimal order 3 roll
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu - waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Lengkap Budidaya Minapadi, Apa Sajakah Keuntungannya?"

Posting Komentar