HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

7 Syarat Penting Tanaman Kakao Tumbuh dengan Sangat Ideal

Jual Plastik UV Best Quality - Lim Corporation

Tumbuhan kakao Theobroma cacao L. atau yang sangat familiar dikenal dimasyarakat dengan sebutan tumbuhan coklat merupakan tumbuhan perkebunaan berprospek yang menjanjikan. Tetapi jika faktor dari tanah yang berubah semakin keras dan miskin terhadap unsur hara terutama pada unsur hara mikro dan hormon alami, faktor iklim dan cuaca, faktor hama dan juga penyakit tumbuhan, serta faktor pemeliharaan lainnya tidak diperhatikan maka tingkat produksi dan kualitas akan sangat rendah. Sebagai tumbuhan yang dalam proses budidayanya memerlukan sangat banyak naungan, maka jika telah diperoleh lahan yang sudah sesuai, sebelum proses penanaman tumbuhan kakao tetap diperlukan persiapan naungan terlebih dulu.

1. ketinggian Tempat Ideal Untuk Budidaya Kakao

Ketinggian tempat di negara indonesia yang sangat ideal untuk proses penanaman kakao merupakan tidak sangat tinggi dari sekitar 800 m dari permukaan laut.

2.Curah Hujan Yang Sesuai Untuk Tumbuhan Kakao

Curah hujan yang sangat berhubungan dengan pertanaman dan produksi kakao adalah distribusinya sepanjang tahun. Hal tersebut berkaitan dengan masa proses pembentukan tunas muda dan produksi. Areal penanaman kakao yang sangat ideal merupakan daerah-daerah dengan curah hujan sekitar 1.100 sampai 3.000 mm per tahun. Curah hujan yang melebihi sekitar 4.500 mm per tahun tampakya berkaitan erat dengan serangan penyakit busuk buah atau disebut dengan blask pods. Di tinjau dari tipe iklimnya, kakao sangat ideal jika ditanam pada daerah-daerah yang tipenya iklim Am menurut Koppen atau B menurut Scmidt dan Fergusson. Di daerah-daerah yang tipe iklimnya C menurut Scmidt dan Fergusson kurang baik untuk proses penanaman kakao karena bulan keringnya yang sangat panjang.

BACA JUGA: 

3.Temperatur Ideal Untuk Tumbuhan Kakao

Pengaruh temperatur terhadap kakao erat kaitannya dengan ketersedian air, sinar matahari dan juga kelembaban. Faktor-faktor tersebut dapat dikelola melalui proses pemangkasan, penataan tumbuhan pelindung dan irigasi. Temperatur sangat berpengaruh terhadap pembentukan flush, pembungaan, serta kerusakan daun. Menurut hasil dari sebuah penelitian, temperatur sangat ideal bagi tumbuhan kakao merupakan sekitar 30°C sampai 32°C (maksimum) dan sekitar 18°C sampai 21°C (minimum). Kakao juga dapat tumbuh dengan sangat baik pada temperatur minimum sekitar 15°C perbulan. Temperatur yang ideal lainnya dengan distribusi tahunan sekitar 16,6°C masih sangat baik untuk proses pertumbuhan kakao asalkan tidak didapati musim hujan yang sangat panjang.

4.Kebutuhan Sinar Matahari Untuk Tumbuhan Kakao

Lingkungan hidup alami tumbuhan kakao adalah hutan hujan tropis yang didalam proses pertumbuhanya memerlukan naungan untuk mengurangi pencahayaan yang penuh. Cahaya matahari yang terlalu banyak menyoroti tumbuhan kakao akan mengakibatkan lilit batang sangat kecil, daun sempit, dan batang sangat relatif pendek. Pemanfaatan cahaya matahari semaksimal mungkin dimaksudkan untuk memperoleh intersepsi cahaya dan pencapaian indeks luas daun optimum.
Plastik Uv Pertanian
Fotosintesis maksimum diperoleh pada saat proses penerimaan cahaya pada tajuk sebesar sekitar 20 persen dari pencahayaan penuh. Kejenuhan cahaya didalam fotosintesis setiap daun yang telah membuka sempurna berada pada kisaran sekitar 3 sampai 30 persen cahaya matahari atau pada sekitar 15 persen cahaya matahari sangat penuh.

5.Kebutuhan Air dan Hara Tumbuhan Kakao

Air dan hara merupakan faktor penentu apabila tumbuhan kakao akan ditanam dengan sistem tanpa tumbuhan pelindung sehingga terus menerus memperoleh sinar matahari secara penuh.

6.Naungan Tumbuhan Kakao

Proses pembibitan kakao memerlukan naungan, karena benih kakao akan sangat lambat proses pertumbuhannya pada pencahayaan sinar matahari penuh. Proses penanaman kakao tanpa pelindung saat ini giat diteliti dan diamati karena berhubungan dengan biaya penanaman maupun proses pemeliharaan.
https://bit.ly/2dWIjly

Proses penanaman dilakukan saat dipagi hari pada musim hujan tenyata sangat baik hasilnya kalau sore atau malam harinya hujan turun jika dibandingkan dengan hujan yang turun sekitar 2 hari kemudian. Dengan ini, air dan hara memang merupakan faktor penentu apabila cahaya matahari dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi proses pertanaman kakao.

7.Jenis Tanah yang Cocok untuk Budidaya Kakao

Kakao dapat tumbuh pada berbagai macam tanah, asalkan persyaratan kimia dan fisik yang berperan dalam proses pertumbuhan dan produksi tumbuhan kakao terpenuhi. Kemasaman tanah, kadar zat organik, unsur hara, kapasitas adsorbsi, dan kejenuhan basa merupakan sifat kimia yang perlu untuk diperhatikan, sementara faktor fisiknya merupakan kedalaman yang efektif, tinggi permukan air tanah, drainse, struktur dan konsesntensi tanah. Selain itu kemiringan lahan juga merupakan sifat fisik yang mempengaruhi dari proses pertumbuhan dan produksi kakao.Tumbuhan kakao Theobroma cacao L. atau yang sangat familiar dikenal dimasyarakat dengan sebutan tumbuhan coklat merupakan tumbuhan perkebunaan berprospek yang menjanjikan. Tetapi jika faktor dari tanah yang berubah semakin keras dan miskin terhadap unsur hara terutama pada unsur hara mikro dan hormon alami, faktor iklim dan cuaca, faktor hama dan juga penyakit tumbuhan, serta faktor pemeliharaan lainnya tidak diperhatikan maka tingkat produksi dan kualitas akan sangat rendah. Sebagai tumbuhan yang dalam proses budidayanya memerlukan sangat banyak naungan, maka jika telah diperoleh lahan yang sudah sesuai, sebelum proses penanaman tumbuhan kakao tetap diperlukan persiapan naungan terlebih dulu.
banner-plastik
Plastik UV Pertanian
*Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik UV  atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service :
Telp : 031 - 8830487 ( Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB )
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
- Minimal order 3 roll
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu - waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Syarat Penting Tanaman Kakao Tumbuh dengan Sangat Ideal "

Posting Komentar