HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Pengolahan Kesuburan Lahan Kering dan Masam Untuk Tanaman Kedelai

Jual Plastik UV Lokal & Import - Lim Croporation 

Pada saat ini upaya untuk proses meningkatkan produksi kedelai yang sangat memungkinkan merupakan dengan cara meningkatkan produktivitas dan menambah luasan pada areal pertanaman kedelai. Dalam jangka waktu sekitar tahun 2010 sampai 2013 lembaga penelitian dan pengembangan yang berada di bawah Kementerian Pertanian ini telah menghasilkan teknologi budidaya kedelai yang dapat meningkatkan hasil produktivitas dari rata-rata sekitar 1,2 t/ha menjadi 1,4 t/ha. Namun, upaya dari proses pengembangan kedelai melalui perluasan areal tanam pada jangka waktu tersebut dinilai belum dapat memenuhi target. Hal ini terkendala pada kesesuaian tumbuhan kedelai dengan agroekologi serta agroekonomi dan juga meningkatnya alih fungsi lahan pertanian di negara indonesia.

Teknologi Budidaya

a. Waktu tanam

Kedelai tidak mempunyai preferensi terhadap jenis tanah tertentu, sedikit memerlukan air dan sangat produktif ditanam pada saat musim kemarau. Pada lahan yang kering, kedelai akan ditanam sesudah tumbuhan padi gogo atau jagung.

BACA JUGA: 

b. Penggunaan varietas toleran

Varietas dari tumbuhan kedelai toleran tanah masam sudah sangat banyak ditemukan Badan Litbang pertanian. Lahan masam bukan hanya mengandung Al dan Mn tinggi yang dapat meracuni tumbuhan kedelai, tetapi dari kandungan unsur hara N, P, K, Ca,Mg, dan hara lainnya sangat rendah. Balitbangtan telah menemukan kunci teknologi untuk meningkatkan produksi kedelai di lahan kering masam Salah satunya dengan memakai varietas yang unggul tanggamus yang toleran terhadap kemasaman tanah, dengan potensi produksi di lahan kering masam sampai sekitar 1,75 sampai 2 t/ha. Selain itu, pemanfaatan bahan untuk pembenah tanah dan pupuk serta menambah kapur dan bahan organik, pupuk NPK dapat juga untuk memperbaiki kesuburan tanah.

c. Ameliorasi tanah masam

Tanah masam perlu untuk disehatkan dengan meningkatkan pH dan menaikkan kejenuhan basa, serta pengkayaan unsur haranya. teknik ameliorasi tanah masam sebagai berikut:

- Pengapuran untuk meningkatkan pH dan mengatasi keracunan Al. Dosis kapur sudah disesuaikan dengan pH tanah, umumnya sekitar 3 t/ha, berkisar antara sekitar 1 sampai 5t/ha. Kapur yang sangat baik merupakan kapur magnesium atau dolomit yang dapat sekaligus mensuplai Ca dan Mg.
Plastik Uv Pertanian
- Ameliorasi pada lapisan tanah bawah (sub-soil) memakai gypsum. Proses pengapuran pada permukaan tanah hanya akan mengoreksi pH pada lapisan olah tanah, sedangkan pada lapisan sub-soil pH masih sangat rendah dan keracunan Al masih terjadi. Oleh karena itu, pemberian gypsum pada lapisan sub-soil dapat memperbaiki dari proses pertumbuhan akar menjadi sangat dalam.
   
- Pengkayaan fosfat tanah dengan pemupukan P dosis sangat tinggi. Pada lahan masam dengan kandungan fosfat rendah sekitar 4 ppm P yang disertai kapasitas fiksasi P yang sangat tinggi, pengkayaan fosfat dalam tanah build-up soil P level merupakan persyaratan mutlak untuk memperoleh produksi kedelai yang sangat tinggi.
 
Teknik pengelolaan tanah

Dalam jangka waktu yang pendek proses pemberian pupuk organik. Para petani menyadari bahwa pemberian pupuk organik dapat meningkatkan kesuburan terhadap tanah. Menurut mereka dari pengaruh pupuk organik dalam memperbaiki kesuburan tanah kurang spontan akan tetapi pengaruhnya sangat tahan lama. Sedangkan dari pupuk buatan pengaruhnya akan sangat spontan tetapi hanya tahan beberapa minggu atau bulan.

https://bit.ly/2dWIjly

Dalam jangka waktu yang sangat panjang  untuk terjadi proses pencegahan erosi. Pada umumnya para petani menyadari bahwa pentingnya pencegahan erosi di lahan mereka, terutama pada lahan yang curam. Beberapa usaha yang telah dicoba merupakan dengan membuat guludan sejajar kontur atau memakai batang pohon yang ditebang pada saat pembukaan lahan sebagai teras-teras akan tetapi karena intensitas curah hujan yang sangat tinggi serta struktur tanah yang kurang mantap akan menimbulkan guludan tersebut mudah untuk longsor.

Pengaturan sistem tanam

Proses pemberaan untuk mempertahankan kesuburan pada tanah para petani memberakan lahan yaitu bero atau membiarkan semak belukar tumbuh di lahan yang telah diusahakan beberapa musim. Menurut mereka, tumbuhan akan tumbuh sangat baik pada lahan yang sebelumnya diberakan. Bera dengan hanya mengandalkan suksesi alami membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengembalikan tingkat kesuburan tanah.
banner-plastik
Plastik UV Pertanian
*Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik UV  atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service :
Telp : 031 - 8830487 ( Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB )
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
- Minimal order 3 roll
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu - waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengolahan Kesuburan Lahan Kering dan Masam Untuk Tanaman Kedelai "

Posting Komentar