HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Lebat

Jual Plastik UV Lokal & Import - Lim Corporation 

Di negara indonesia buah naga baru terkenal populer sekitar tahun 2000, tidak ada catatan juga siapa yang pertama kali memperkenalkan buah ini di negara indonesia. Tetapi sudah diperkirakan buah naga masuk di negara indonesia melalui negara Thailand dan dibudidayakan oleh penghobi tumbuhan ini secara sporadis. Jenis buah naga yang sangat banyak beredar di negara indonesia hanya sekitar 2 jenis saja yaitu Hylocereus undatus dengan ciri kulitnya merah dengan daging buah putih dan Hylocereus polyrhisus yang memiliki warna kulit merah dengan daging buah merah.

Cara Memilih Bibit Buah Naga

Salah satu kunci sukses dalam budidaya tumbuhan merupakan dengan memakai bibit yang sangat berkualitas, begitu juga dengan budidaya buah naga. Tumbuhan ini dapat diperbanyak dengan memakai cara vegetatif maupun genaratif. Cara generatif yaitu dengan cara proses pengembangan melalui biji, benih diambil dengan cara mengeluarkan biji pilihan dari buah naga. Cara ini sangat sulit dan hanya juga dilakukan oleh penangkar yang sudah pengalaman.

BACA JUGA: 

Persiapan untuk Menanam Buah Naga

Untuk menanam buah naga pada lahan sekitar 1 hektar membutuhkan sekitar 6.000 sampai 10.000. Jumlah tersebut dipengaruhi juga bagaimana cara menanam buah naga dan jarak tanam yang akan dipakai. Dengan memakai cara ini maka akan diperlukan sekitar 6400 bibit dan sekitar 1600 tiang untuk setiap hektarnya.

Pembuatan Tiang Panjat

Tiang panjat dibuthkan untuk menopang batang tumbuhan supaya tidak mudah untuk roboh. Tiang panjat umumnya dibuat secara permanen dengan memakai cor beton. Bentuk tiang panjat dapat berupa persegi atau silinder dengan diamater sekitar 10 sampai 15 cm. Tetapi apabila anda mempunyai dana yang terbatas dapat memakai kayu atau bambu yang sangat kuat untuk menopang tumbuhan.

Proses pengolahan Tanah untuk Budidaya Buah Naga
Plastik Uv Pertanian
Setelah tiang panjat selesai dibuat, langkah selanjutnya merupakan membuat lubang tanam di sekitar tiang dengan ukuran sekitar 60×60 cm sedalam sekitar 25 cm. Posisi tiang panjat berada tepat di tengah lubang. Campurkan tanah hasil galian lubang dengan pasir sebanyak sekitar 10 kg. Hal ini untuk meningkatkan porositas tanah. Setealh itu tambahkan pupuk kandang atau kompos sebanyak sekitar 10 sampai 20 kg. Jangan lupa untuk campurkan juga kapur pertanian atau dolomit, karena buah naga membutuhkan banyak kalsium. Campur semua bahan di atas dan aduk sampai merata.

Menanam Bibit Buah Naga

Cara menanam buah naga selanjutnya merupakan dengan memindahkan bibit buah naga dari media semai ke media tanam. Untuk satu tiang dapat ditanami sekitar 4 bibit buah naga. Jarak tanam bibit dengan tiang sekitar 10 cm. Galilah  lubang tanam sedalam sekitar 10 sampai 20, sesuaikan dengan panjang bibit. Selanjutnya masukan bibit ke dalam lubang dan timbun kembali dengan tanah sambil dipadatkan. Setelah keempat bibit ditanam, ikat  bibit tersebut sehingga menempel pada tiang panjat. Lakukan proses pengikatan supaya tumbuhan dapat tumbuh menjulur sepanjang sekitar 20 sampai 30 cm.

Pemupukan Tanaman

Pada awal proses penanaman buah naga membutuhkan banyak unsur nitrogen, sedangkan pada saat berbunga dan buah, tumbuhan ini membutuhkan banyak unsur kalium dan fosfor. Jadi pemberian pupuk dapat mempertimbangkan kebutuhan tumbuhan. Tidak disarankan untuk memakai urea, karena jenis pupuk ini banyak menimbulkan pembusukan batang. Proses pemupukan dengan memakai pupuk kandang atau kompos dilakukan setiap sekitar 3 bulan sekali dengan dosis sekitar 5 sampai 10 kg untuk setiap lubang tumbuhan.

Penyiraman

Cara menanam buah naga yang sangat baik tentu tidak lepas dari proses perawatan, terutama kebutuhan tumbuhan akan air. Proses penyiraman dapat dilakukan dengan cara mengalirkan air pada saluran irigasi. Untuk lebih praktisnya dapat memakai irigasi tetes. Cuma untuk membangun sistem irigasi tetes dibutuhkan biaya yang sangat besar. Proses penyiraman dengan menggenangi parit dilakukan dengan cara merendam parit selama sekitar 2 jam. Apabila proses penyiraman dilakukan dengan gembor maka setiap lubang tumbuhan disiram dengan air sebanyak sekitar 4 sampai 5 liter.

Pemangkasan
https://bit.ly/2dWIjly

Dalam menanam buah naga ada sekitar3 jenis proses pemangkasan yaitu proses pemakasan untuk membentuk batang pokok, proses pemangkasan untuk membentuk cabang, dan yang terakhir proses pemangkasan untuk pemeremajaan cabang yang sudah tidak produktif. Masing-masing pemangkasan mempunyai fungsi masing-masing. Proses pemangkasan batang pokok bertujuan supaya tumbuhan mempunyai batang utama yang sangat kuat dan mampu untuk menopang cabang dan buah. Pilihlah batang yang sangat kuat dan kokoh, dan potong tunas yang tumbuh di bawah batang ini. Setelah itu proses pemangkasan cabang dilakukan

Panen Budidaya Buah Naga

Setelah selesai mempelajari cara menanam buah naga, maka saatnya untuk menikmati hasil dari jerih payah yang sudah diusahakan dengan memanen buah yang sudah matang. Buah naga merupakan tumbuhan yang berusia sangat panjang, sirklus produktif tumbuhan ini dapat sampai sekitar 20 tahun. Budidaya buah naga dapat dimulai dipanen sekitar 10 sampai 12 bulan semenjak bibit ditanam.
banner-plastik
Plastik UV Pertanian
*Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik UV  atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service :
Telp : 031 - 8830487 ( Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB )
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
- Minimal order 3 roll
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu - waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Lebat "

Posting Komentar