HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Budidaya Timun Sistem Hidroponik DFT, Dijamin Cepat Panen!

Jual Plastik UV Best Quality - Lim Corporation 

Mentimun atau Ketimun merupakan tumbuhan yang berasal dari suku Cucurbitaceae atau labu-labuan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Tumbuhan timun hidup merambat dan jika tumbuhan ini sudah berbunga dan berbuah maka tumbuhannya akan mati atau dapat dikatakan mentimun merupakan tumbuhan semusim. Buah mentimun mempunyai bentuk buah memanjang dengan warna hijau dengan garis putih kekuning-kuningan ketika masih muda dan akan berwarna lebih hijau sampai putih ketika semakin tua usia buahnya.

Buah mentimun mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit kanker, dan juga mengendalikan tekanan darah, mengandung antioksidan dan mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, dalam buah mentimun mempunyai kandungan vitamin yaitu A, C, E dan K. Banyak orang yang menyukai buah mentimun ini sebagai lalapan atau dijadikan sebagai petisan atau rujak dan permintaannya sangat tinggi sehingga banyak orang yang mencoba peruntungan dengan menanam mentimun ini. 

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya timun atau mentimun dengan memakai cara sistem hidroponik DFT (Deep Flow Technique). Sistem DFT merupakan sistem dalam hidroponik yang memakai sirkulasi nutrisi sekitar 24 jam dengan membuat genangan minimal sekitar ¼ dari pipa. Genangan ini berfungsi supaya akar tumbuhan memperoleh nutrisi yang cukup dan jika terjadi listrik padam akar tumbuhan akan tetap memperoleh suplay nutrisi.

Sesudah dipilih benih yang mempunyai kualitas yang sangat unggul, sehat, bersih serta tahan terhadap penyakit dan bersih. Selain itu, siapkan media semai yang sesuai contohnya rockwool. Sesudah semua siap, lakukan penyemaian benih ke rockwool yang sudah dilubangi dan dijaga suhu kelembabannya setiap hari. Letakkan semaian pada tempat yang cukup cahaya untuk mempercepat proses perkecambahan. Hindari letakkan semaian di tempat yang kurang cahaya atau gelap karena akan menimbulkan semaian mengalami etiolasi.

Pindah Tanam Timun Ke Media Tanam Hidroponik
Sesudah bibit timun mempunyai daun sejati sekitar 3 sampai 5 daun dan batang bibit yang sudah kokoh maka bibit timun dapat dipindah tanamkan. Pindahkan bibit ke netpot yang sudah diberi kain flanel dan diletakkan di instalasi DFT. Jarak tanam yang dipakai untuk bibit mentimun merupakan sekitar 20 sampai 25 cm. Saat pindah tanam bibit sudah mulai diaplikasikan nutrisi AB Mix. Sebaiknya pemindahan tumbuhan timun dilakukan pada waktu pagi atau sore hari saat kondisi sejuk.

Pemberian Nutrisi Hidroponik Timun

Pemberian nutrisi untuk mentimun dilakukan mulai dari tahap pindah tanam sampai panen. Nutrisi yang dipakai untuk mentimun merupakan nutrisi AB Mix khusus sayuran buah. Saat pindah tanam nutrisi diberikan sekitar 700 sampai 800 ppm. Selanjutnya, nutrisi hidroponik dapat dinaikkan menjadi sekitar 1000 sampai 1700 ppm. Cek nutrisi dapat dilakukan dengan memakai TDS Meter untuk mengetahui apakah ppm sudah sesuai dengan keperluan tumbuhan.

Pemeliharaan Timun Hidroponik

https://bit.ly/2dWIjly

Pemeliharaan tumbuhan mentimun hidroponik yang dapat untuk dilakukan diantaranya yaitu cek nutrisi, cek pH, cek kondisi tumbuhan dan cek kondisi lingkungan tumbuhan. Cek pH dapat memakai pH meter, pH yang sesuai untuk mentimun sekitar 5,5 sampai 6,0. Cek kondisi tumbuhan dapat dilakukan dengan melihat fisik tumbuhan apakah ada gejala abnormal dalam proses pertumbuhannya.
Cek lingkungan berfungsi untuk melihat OPT yang ada dalam proses pertumbuhan tumbuhan. Saat bibit yang dilakukan pindah tanam sudah tumbuh sangat besar dapat dipasangkan tali ajir supaya tumbuhan tidak roboh dan tumbuh ke atas.

Masa Panen Timun Hidroponik

Panen timun dilakukan saat tumbuhan mentimun berusia sekitar 60 sampai 90 hari. Mentimun dapat dipanen sampai sekitar 2 kali panen, sesudah panen pertama dapat tetap dialiri nutrisi untuk melanjutkan panen kedua. Ciri-ciri mentimun yang siap untuk dipanen yaitu ukuran yang dikira sangat besar dan mempunyai warna hijau yang mengkilap.
banner-plastik
Plastik UV Pertanian
*Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik UV  atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service :
Telp : 031 - 8830487 ( Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB )
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
- Minimal order 3 roll
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu - waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Budidaya Timun Sistem Hidroponik DFT, Dijamin Cepat Panen!"

Posting Komentar