HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Refugia, Tanaman Hias yang Mampu Usir Segala Hama Pengganggu

Distributor Plastik UV (Ultraviolet) High Quality - lim Corporation

Refugia merupakan salah satu cara pengendalian hama tanaman padi dengan memanfaatkan tanaman hias. Refugia ialah suatu area yang ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan yang mampu menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan ataupun sumber daya bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid.

Baca Juga:
Teknik refugia lebih tergolong ekonomis ataupun tentu lebih ramah lingkungan sebab dengan tidak memakai bahan-bahan kimia yang justru merugikan kesehatan. Refugia dapat merupakan tanaman bunga-bunga yang ada di galangan ataupun pinggir sawah. Tanaman hias itulah yang akan menarik serangga, setelah itu menjadi tempat hidup dan berlindung musuh alami hama tanaman padi (wereng dan penggerek batang).

Cara ini sudah diuji coba di Vietnam dengan membudidayakan tanaman bunga dan sayur di pematang sawah. Dengan adanya tanaman hias di pinggir sawah, musuh alami tersebut lebih sehat dan daya hidupnya lebih lama.

Ketika menyerang OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) juga lebih gesit dibanding tidak ada refugia sebab musuh alami hanya mengonsumsi pakan dari pinggir sawah. Musuh alami tersebut menjadi sahabat petani dalam menyerang hama penyakit.

Bagaimana memilih tanaman untuk refugia? Banyak alternatifnya, tetapi lebih baik ialah tanaman yang berbunga. Tanaman yang berpotensi besar sebagai refugia ialah tanaman bunga matahari, tanaman kenikir dan tanaman bunga kertas (zinnia). Ketiga tanaman ini memiliki bunga yang mencolok ataupun memiliki warna yang diminati musuh alami.

Kelebihan bunga kertas di antaranya selalu mekar dan bunganya beraneka warna sehingga banyak dikunjungi serangga dari berbagai jenis kupu-kupu, semut, kumbang, laba-laba, dan lebah. Kelebihan lain tanaman ini, yaitu mudah ditanam, bibit mudah diperoleh, serta regenerasi tanaman tergolong cepat dan berkelanjutan.


Ada jenis gulma yang mampu dipergunakan sebagai refugia asteraceae (keluarga aster). Gulma ini ditata pada jalur khusus. Jenis gulma berbunga ini akan menarik serangga musuh alami, pengaruh gulma terhadap tanaman pokok tidak terlalu berarti, bahkan meningkatkan stabilitas ekologi pertanian.

Selain gulma, tumbuhan liar yang berbunga disekitar lahan pertanian juga berpotensi menjadi refugia, antara lain jenis S’ynedrella nodiflora, Centella asiatica, Setaria, Borreria repens, dan Arachis pentoi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menanam tanaman refugia adalah jangan terlalu dekat dengan komoditas utama agar tidak berebut unsur hara dan air. Selain itu, penyemprotan hanya saat populasi hama sudah tinggi. Diharapkan agar serangga menguntungkan yang sudah ada di lahan tidak ikut terbunuh saat penyemprotan.

Pemanfaatan tanaman refugia sebagai mikrohabitat serangga hama dan musuh-musuh alami dapat diterapkan di lahan persawahan ataupun lahan sayuran untuk mengendalikan hama secara alamiah. Penanaman refugia akan mengurangi biaya usaha tani untuk pengendalian hama sehingga keuntungan petani dapat meningkat dan lingkungan terjaga secara berimbang.

Distributor Plastik UV Merk Vatan
* Info Lengkap Mengenai Harga Plastik UV Klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargaplastikuv

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV untuk greenhouse atau penjemuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 3 roll
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Refugia, Tanaman Hias yang Mampu Usir Segala Hama Pengganggu"

Posting Komentar