HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ini Dia 4 Cara Menanam Halia Bentong Paling Mudah dan Benar

Produsen Plastik UV (Ultraviolet) Best Quality - Lim Corporation

Pernahkan anda mendengar istilah halia bentong? Halia Bentong merupakan salah satu nama jenis tanaman. Mungkin beberapa dari anda jarang mendengar atau bahkan belum pernah mendengar istilah tersebut. Halia bentong adalaah salah satu jenis tanaman rempah yang mirip seperti jahe dan masih termasuk kedalam suku temu-temuan serta mempunyai nama latin Zingiber officinale roscoe. Dalam bahasa inggris atau dalam berbagai macam jenis resep masakan, halia bentong mempunai nama lain yaitu ginger.

Baca Juga:
Ciri Khas Halia Bentong dan Kandungannya

Tumbuhan halia bentong bukan berasal dari Indonesia melainkan berasal dari dataran Cina yang kemudian menyebar seiring dengan era perdagangan. Area perdangan tersebut meliputi daerah Asia, Afrika, hingga Eropa. Maka dari itu, tidak heran apabila banyak orang Indonesia yang membudidayakan tanaman yang satu ini. Jika tanaman yang satu ini ditanam pada iklim tropis dengan kualitas tanah yang baik, maka hali abentong akan memiliki kualitas yang juga baik. Ciri khas dari tanaman halia bentong mirip dengan jahe, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih besar dan jka diiris daging umbinya akan kelihatan berwarna kuning terang dengan bau yang khas. Tanaman ini juga banyak dijadikan sebagai obat herbal karena memiliki beberapa kandungan zat yang baik untuk tubuh.
  • Protein
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Antioksidan
  • Vitamin A, B1, dan C
Cara Menanam Halia Bentong

Begitu banyak zat yang dimiliki oleh halia bentong yang sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan ataupun rempah dapur. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat herbal atau suplemen untuk menjaga kesehatan sebagai bahan campurann minuman untuk mengobati batuk. Bahkan tumbuhan yang satu ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat sakit perut ketika nyeri haid. Apabila anda berminta untuk menanam halia bentong, berikut ini merupakan 4 Cara Menanam Halia Bentong Paling Mudah yang dapat anda lakukan.

1. Bibit halia bentong

Hal pertama ketika anda ingin menanam halia bentong yaitu mempersiapkan bibit. Bibit halia bentong bsa anda dapatkan dengan dua cara, yaitu dengan membelinya langsung ke pasar bibit atau koperasi tani. Apabila anda mendapatkannya dari pasar bibit, maka pastika bibit tanaman tersebut sudah siap untuk ditanam. Namun, apabila anda mendapatkannya melalui koperasi tani, berarti itu akan lebih mudah karena anda hanya perlu memindahkannya pada media lahan. Sedangkan untuk cara yang kedua yaitu dengan mengecambahkann rizom atau akar halia bentong. Dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pilih bibit halia bentong yang akan dikecambahkan yang memiliki kualitas baik, kemudian sediakan wadah plastik atau polybag.
  2. Isi wadah tersebut dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang ataupun kompos dengan perbandingan 2:1:1.
  3. Buatlah lubang tanam dengan ukuran yang disesuaikan besar bibit halia bentong, dan masukkan ke dalam media tanam kemudian tutupi dengan tanah serta padatkan.
  4. Siram bibit tersebut dengan metode spray serta letakkan di tempat yang teduh.
  5. Umumnya tunas akan tumbuh dalam waktu 2 – 3 minggu dan tunggu sampai tunas berukuran 7-9 cm.

2. Lahan tanam halia bentong

Langah selanjutnya setelah anda mendapatkan bibit dan bibit halia bentong tersebut telah bertunas, maka proses selanjutnya dengan menyiapkan lahan tanam yang baik. Media tanam yang dapat anda gunakan yaitu pot atau lahan terbuka. Namun perlu anda ingat, sebelum memilih media tanam lahan yang terbuka, pastikan telah memiliki pilihan lahan yang pas. Berikut ini langkah untuk membuat lahan tanam halaia bentong.

  1. Apabila halia bentong akan ditanam pada media lahan yang terbuka, pastikan tanah tersebut mempunyai pH yang baik, yaitu 6-7 dan pastikan tekstur tanah dan kualitasnya juga baik.
  2. Apabila menggunakan media pot, maka gunakan pot yang memiliki diameter 30 cm.
  3. Kemudian gemburkan tanah atau lahan dan taburkan pupuk kandang atau kompos kemudian beri sedikit pasir dengan perbandingan 3:2:1.
  4. Jika ditanam pada media pot anda juga harus mencampurkan sekam ke dalam media tanam dengan perbandingan 3:2:1:1.
  5. Buatlah lubang tanam dengan jarang 30cm pada setiap lubang. Pada media tanam pot anda dapat membuat 2 lubang.


3. Pemindahan bibit halia bentong

4 Cara Menanam Halia Bentong Paling Mudah selanjutnya yaitu dengan proses pemindahan bibit halia bentong. Langkah pemindahan bibit ini sangat mudah untuk dilakukan, yaitu sebelumnya anda harus memisahkan bibit dengan media tanam. Agar anda data mendapatkan hasil halia bentong dalam jumlah yang banyak, anda dapat memotong setiap tunas yang terdapat pada rizom halia bentong, dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pemotongan rizom tidak boleh dilakukan secara asal-asalan dan harus rapi. Anda hanya dapat memotong rizom yang mempunyai bagian mata tunas saja.
  2. Kemudian masukkan potongan tersebut dalam lahan tanam yang telah dilubangi
  3. Selanjutnya tutup lubang dengan tanah dan padatkan.
  4. Namun, jika pada media tanam pot anda bisa langsung menanam bibit halia bentong tersebut.

4. Perawatan dan panen halia bentong

Hal paling penting yang harus anda lakukan yaitu merawat hingga seminggu sebelum halia bentong dapat anda panen. Cara merawatnya seperti berikut ini:

  1. Perhatikan kelembapan tanah tanaman. Halia bentong tidak terlalu suka dengan tanah yang terlalu basah, sehingga anda dapat menyiramnya maksimal 2 kali sehari di pagi dan sore.
  2. Berikan pupuk tambahan selama 2 minggu sekali.
  3. Apabila terdapat hama tanaman anda dapat menyemprotkan pestisida secukupnya.
  4. Tanaman halia bentong dapat dipanen setelah memasuki usia 9 bulan dengan ciri-ciri daun tanaman sudah mulai mongering.
Produsen Plastik Ultraviolet Protector
* Info Lengkap Mengenai Harga Plastik UV Klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargaplastikuv

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV untuk greenhouse atau penjemuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 3 roll
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia 4 Cara Menanam Halia Bentong Paling Mudah dan Benar"

Posting Komentar