HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Lengkap Cara Sukses Beternak Kelinci Untuk Pemula

Produsen Plastik UV (Ultraviolet) High Quality - Lim Corporation

Beternak kelinci pedaging memang sangat menarik para pebisnis, selain dilakukan dengan ala apa adanya cukup dipekarangan rumah, juga dapat dilakukan di dalam ruangan. Cara beternak kelinci pedaging memerlukan perhatian cukup agar mendapatkan hasil daging yang sesuai Anda harapkan. Apalagi beternak kelinci dapat dilakukan hanya sederhana, namun dapat menghasilkan 180 pon daging pertahun.

Cara Beternak Kelinci Untuk Pemula

Ketika pertama kami baru pindah rumah yang baru, kami mencoba belajar cara beternak kelinci. Saya pernah membaca buku, tenyata dengan beternak kelinci dengan modal yang sedikit tetapi hasilnya sangat memuaskan. Namun istri saya tidak begitu senang  kami akan beternak kelinci pedaging, karena dia pikir tidak tega memakan kelinci-kelinci yang terlihat lucu.

Suatu hari saya melihat sebuah iklan yang menawarkan kandang kelinci, saya sangat tertarik untuk membeli kandang kelinci yang berbahan dari kawat, akhirnya saya membeli kandang kelinci tersebut, tetapi kembali istri saya tidak suka saya membeli kandang kelinci untuk memelihara kelinci pedaging. Sambil menunggu gudang kami selesai, kami menunda beternak kelinci, sambil kami tetap menjalankan bisnis kami memelihara ayam pedaging dan bebek angsa.

Karena kandang kelinci belum saya gunakan, suatu ketika ada teman saya ingin meminjam kandang kelinci, daripada saya tidak menggunakannya akhirnya dipinjamnya dulu kandang itu, ia meminjam kandang kelinci yang diletakannya dekat garasi.

Baca Juga:
Jenis Kelinci

1. Mengenal Jenis Kelinci

Teman saya kemudian memilih jenis kelinci Chinchilla biasa disebut juga hewan penggigit terkenal dari pegunungan Andes di Amerika Selatan, sedangkan di Tiongkok dikenal Long Mao atau disebut kucing naga. Hewan ini mempunyai daging ras yang baik, untuk ukuran menengah berat bisa mencapai 8-10 pon. Bisa juga memilih kelinci jenis Flemish Giant kelinci jenis ini bisa mencapai 20 kg, namun jenis ini penjantanya hanya 15 kg. Jenis ras kelinci ini memang susah untuk mendapatkannya, paling hasil silang yang tidak sebesar kelinci aslinya. Ada pula kelinci jenis New Zealand White walau namanya New Zealand namun kelinci ini berasal dari Amerika. Jenis kelinci ini juga hasil persilangan kelinci jenis Flemish Giant. Beratnya mencapai bobot 5,5 kg dan bisa hidup 10 tahun jika dipelihara dengan baik.

Jenis lainnya adalah kelinci Anggora yang dikenal mempunyai bulu yang  halus dan tebal bewarna putih. Namun kelinci ini bukan kelinci pedaging tetapi kelinci hias. Walaupun kelinci ini bukan pedaging, tetapi kelinci ini bernilai sebagai kelinci hias. 
Teman saya memulai belajar cara beternak kelinci dengan modal kecil, membeli kelinci-kelinci muda yang berusia sekitar sembilan bulan dan ada juga usianya yang tidak sama rata. Setelah dirawatnya kelinci-kelinci ini berkembang biak dengan cukup pesat, bulan berikutnya dia telah mempunyai 17 ekor kelinci.


2. Keuntungan Dari Beternak Kelinci

Usahanya terus berkembang dan sangat menguntungkan, salahsatunya peliharaannya Chinchilia mulai menghasilkan daging yang cukup berat dan dihargai dengan cukup tinggi.
Temanku menganggap dengan waktu yang tidak terasa keberhasilan mempelajari cara beternak kelinci sudah digenggamnya walupun dia masih tergolong peternak kelinci pemula. Bahkan hasil beternak kelinci itu, selain untuk dijual dagingnya juga dapat dikonsumsi keluarganya. Katanya, dia dapat sewaktu-waktu memotong kelinci untuk dimasak sendiri.

Dengan melihat keberhasilan teman ku beternak kelinci, tentu membuat ku berpikir bagaimana saya juga dapat melakukannya. Teman ku begitu baik dia bersedia menyiapkan kelinci-kelinci itu untuk ku, bahkan dia bersedia membayar sewa kandang kelinci yang telah dipinjamnya. Aku dan istriku sebenarnya sama-sama senang melihat kelinci-kelinci yang terlihat lucu dan begitu banyak. Kami menganggap jika memelihara kelinci sama saja ketika kami memelihara ayam. Saya merasa jika sudah punya kandang kelinci, sebaiknya kami harus beternak kelinci sendiri.

Saya merasa beternak kelinci sendiri, membuat kami dapat memelihara sendiri dalam memberi makan langsung untuk kelinci. Memang bila melihat orang lain beternak kelinci terlihat lebih mudah. Apalagi pertumbuhan ternak kelinci dapat menghasilkan daging yang berkualitas tinggi. Hal ini bisa saja terjadi bila Anda memasukkan daging kelinci dan daging ayam kedalam alat pendingin beberapa waktu, tentu agak susah membedakannya kedua daging tersebut.

3. Apa Untuk Pakan Kelinci

Kandang kelinci seharusnya diberi tempat makan yang diisi jerami, selain jerami juga kelinci dapat diberi makan tanaman Alfalfa. Alfalfa adalah tumbuhan berbunga kecil berwarna ungu. Demikian pula dengan tanaman semanggi yang banyak protein sangat baik sebagai pakan kelinci. Disamping itu jerami juga dapat diberikan kepada kelinci yang dapat dipotong-potong. Bisa juga pakan kelinci diberikan dari potongan roti ataupun sayur-sayuran. Demikian pula makanan dari rumput, semua makanan harus diperhatikan biar mereka tumbuh secara normal dan menjaga kesehatan kelinci-kelinci itu. Berilah makanan ke para kelinci apa yang mereka sukai, seperti wortel dan sayuran lainnya. Jika kita memperhatikan makanan yang berlebihan, mengakibatkan kelinci terserang diare.
Bisa juga kelinci diberikan dari makanan berupa pelet, ataupun dapat juga Anda berikan makanan dari biji-bijian tanah yang sangat baik bagi pertumbuhan kelinci-kelinci itu. Sebaiknya Anda menemukan cara terbaik dalam memberikan makanan-makan yang sangat baik bagi para kelinci.

4. Perbanyak Kelinci

Beternak kelinci memang cepat berkembangbiak, bagi pebisnis yang mau belajar cara beternak kelinci akan merasakan kelipatan berkali-kali dari beternak kelinci dari sedikit akan bertambah banyak. Bahkan peternak kelinci bermodal kecil yang awalnya punya kelinci sedikit, tak terasa mereka mendapat hasil yang yang begitu banyak dalam waktu yang singkat.

Untuk melihat jenis kelamin kelinci memang tidak terlalu sulit. Kemudian dalam menjual daging kelinci telah siap para pembeli yang datang sendiri, sehingga tidak terlalu repot dalam pemasaran daging kelinci.

Perlu kami tekankan sekali lagi, ketika beternak kelinci keluarga kami tidak mengalami kesusahan untuk mendapat makanan, terutama daging kelinci. Karena daging kelinci telah tersedia untuk dinikmati keluarga kami.

Untuk menekuni bisnis cara beternak kelinci tidak perlu terlalu lama, kita dapat menghitung paling-paling sekitar 90 hari. Mulai dari pasangan kelinci jantan dan betina digabung selama 7 hari, maka segera dipisah dan pada hari ke 14 dapat diperiksa dibagian perut kelinci betina. apakah ada timbul benjolan kecil yang menandakan sang betina sudah hamil.


5. Ciri-Ciri Kehamilan

a. Nampak dibagian hidung dan mulutnya timbul warna kemerah-merahan atau warna pink.
b. Biasanya kelinci betina dimasa kehamilan tidak tertarik terhadap kelinci jantan, dia terkesan membenci sang jantan, bahkan lebih buruknya dia bisa saja menyerang kelinci jantan.
c. Kemudian mendekati saat melahirkan, kelinci betina nampak mulai menggali tanah atau mempersiapkan sarangnya. Dia mengumpulkan rumput yang ditaruh digaliannya, bahkan dia juga menggunakan rontokan bulunya dalam membuat sarang untuk tempat melahirkan.

Masa kehamilan kelinci paling memakan waktu sekitar 30-32 hari. Setelah melahirkan anak-anaknya kelinci meninggalkan kotak sarangnya setelah membersihkan anak-anaknya. Kita tidak usah ikut campur secara berlebihan dalam mengurusi anak-anak kelinci, percayakan kepada sang induk untuk merawat dan menyusui anaknya. Kita paling hanya memperhatikan makanan sang induk, dan memberi keamanan serta kenyamanan bagi si kelinci.

Setelah kelinci mulai beranjak dewasa, hendaknya diberi makanan yang bergizi tinggi, agar kualitas daging juga semakin baik. Makanan bisa dari rumput lapangan, kangkung atau sayuran lainya. Biasa kelinci diberi makan sore hari menjelang malam, karena kebiasaan kelinci akan makan sepanjang malam. Dan diberi makan pada pagi hari.

Setelah perkembangannya diumur sekitar tujuh hingga delapan bulan masa dewasa, mereka mulai tumbuh tinggi dan besar, semakin memerlukan makanan agar daging mereka semakin berkualitas.
Ketika usia kelinci semakin tua, Anda sebaiknya mengambil dagingnya untuk dibuat sup sebagai hidangan bagi keluarga untuk disantap.

Tentu saja ketika kelinci-kelinci ini mulai tua, dan mulai dilanjutkan generasi selanjutnya. Mulai terpikir oleh Anda untuk membeli lagi kelinci-kelinci yang baru, setelah Anda beternak kelinci barang tentu Anda sudah berhasil menjual daging kelinci, sehingga Anda sudah punya modal untuk membeli kelinci. Anda kembali memulai usaha baru kembali untuk beternak kelinci dengan predikat bukan pemula lagi, tapi Anda sudah berpengalaman dalam merasakan suka duka beternak kelinci.

Dalam memulai bisnis beternak kelinci ini, Anda mulai membeli dan memilih jenis-jenis kelinci yang baik terutama tampak sehat dan kuat. Anda pasti tidak peduli lagi, berapa harga yang ditawarkan kepada Anda, tidak seperti ketika awal Anda memulai usaha ini namun kini Anda sudah cukup modal dalam membeli bibit-bibit kelinci terbaik. Anda pasti tidak mau menghemat membeli kelinci murah namun bibitnya kurang baik untuk dipelihara.

6. Cara Merawat Kelinci

Saat ini saya ingin memberikan penjelasan tentang cara  beternak kelinci dengan benar, agar ketika Anda memulai beternak kelinci Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang fatal.

Untuk Anda yang baru memulai beternak kelinci, hendaknya berhati-hati dalam merawat kelinci-kelinci dengan memperhatikan makanan dan kesehatan mereka, sehingga para kelinci dapat dapat hidup lebih lama. Terutama fasilitas kehidupan para kelinci, diluar makanan dan kesehatan yang tidak kalah pentingnya adalah tempat kehidupan para kelinci yaitu kandang.

Pengaturan makanan memang sangat berperan penting bagi pertumbuhan kelinci-kelinci dalam berkembang biak. Sehingga diperlukan makanan yang bergizi tinggi sebagai pendukung dalam budidaya kelinci.


Seperti dibahas sebelumnya, kandang cukup berperan penting bagi kelangsungan kehidupan para kelinci. Sebagai hewan yang senang hidup bersahabat, sangat memerlukan fasilitas kandang yang memadai dan terlihat luas. Agar kelinci-kelinci lebih leluasa dalam beraktivitas diseputaran kandang.

Perlu diperhatikan pula, keamanan kandang sehingga kelinci-kelinci terbebas dari hewan-hewan pemangsa yang bisa saja mengancam kehidupan para kelinci.
Selain hal-hal diatas, perlu diperhatikan letak kandang yang jauh dari keributan sehingga kelinci-kelinci dapat tenang, demikian pula harus terkena sinar matahari yang cukup dan aliran oksigen yang baik.

Pengaturan makanan yang baik akan meningkatkan pertumbuhan kelinci-kelinci yang sesuai Anda harapkan. Sehingga harus memberikan makanan yang bergizi dan berkualitas.

Vaksinasi secara berkala bagi kelinci-kelinci sangat diperlukan, sehingga mereka terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengakibatkan penularan untuk kelinci lain, bahkan dapat mengalami kematian yang tentu saja dapat merugikan Anda. Istilah pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati.

 Cara Membuat Kandang Kelinci
 
7. Kandang Kelinci

Pada prinsipnya jika kandang kelinci bersih dan sehat, kelinci-kelinci akan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat dalam penyerangan penyakit. Untuk itu perlu diperhatikan, dalam membuat kandang bagi para kelinci. Hendaknya kandang kelinci dibuat untuk menghindari dari basah dan kelembaban, sehingga harus kering terus-menerus. Demikian pula letak kandang harus didekat naungan apakah dibawah pohon besar, untuk menghindari kelinci-kelinci itu kepananasan. Disamping itu, kandang harus cukup ventilasi sebagai pertukaran udara yang baik dan cukup terkena sinar matahari. Atap juga dibuat tertutup rapat. Dan Anda harus rajin membersihkan kandang paling tidak seminggu sekali dan tetap menaruh jerami sebagai kehangatan bagi kelinci agar terhindar dari kelembaban. Perlu diperhatikan pula, tempat makan dan tempat minum yang bersih agar mereka bebas dari serangan berbagai penyakit yang menular maupun yang mematikan. Dan juga agar makanan dan minuman selalu cukup.

Cara Beternak Kelinci Yang Baik

Untuk merawat kelinci. memang Anda harus lebih banyak tahu bagaimana cara beternak kelinci itu. Baik dari informasi buku-buku, internet, Anda dapat menggali apa saja sebaiknya Anda lakukan untuk mendapat hasil yang sesuai harapan Anda. Memang perlu diperhatikan dalam membaca buku-buku itu, seperti antara lain bagaimana membuat kandang kelinci yang baik, demikian pula makanan apa yang baik diberikan kepada kelinci, bagaimana cara menjaga kebersihan kandang dan sebagainya. Hal ini memang sesuai bagi peternak kelinci yang baru memulai usaha, agar saat mengalami kendala-kendala dalam proses pemeliharaan kelinci sudah punya solusi jitu untuk segera ditanganinya.

Kandang kelinci atau ruangannya harus cukup leluasa untuk mereka beristirahat dan beraktivitas, sehingga tidak terlihat begitu sempit.
Kandang sebaiknya harus rajin dibersihkan, sehingga membuat kenyamanan bagi kelinci dan selalu terhindar dari basah, baik dari air kencingnya atau akibat tumpahan minumnya.

8. Kasih Sayang Kelinci

Ternyata bukan manusia saja yang memerlukan kasih sayang, hewan pun memerlukan kasih sayang tak terlepas juga ketika Anda beternak kelinci, kelinci pun memerlukan belaian kasih sayang. Hal ini dapat Anda lakukan ketika Anda lagi nyantai peluklah dan gendong kelinci biar dia merasa nyaman dan akrab dengan Anda.
Namun dalam menggendong kelinci, tidak dapat melakukan sembarangan, seperti menarik kedua kupingnya, karena itu adalah kesalahan hal itu dapat membuat kelinci Anda mengalami cacat. Sebaiknya dilakukan dengan berhati-hati dengan tangan satu menarik punggungnya dan tangan satu memegang pinggulnya itu jika kelinci berukuran besar, jika kecil cukup memegang punggunggnya maka kelinci sudah dapat Anda gendong.
Kelinci seperti diketahui risih bila kena air yang langsung tubuhnya kedinginan, untuk memandikan kelinci biar terlihat bulunya bersih, mandikan kelinci dengan air hangat dan gunakan sampo bayi untuk membasahi atau membersihkan bulunya. Setelah bersih keringkan dengan handuk yang lembut. Maka akan terlihat keindahan dan kebersihan bulu kelinci.

9. Kesehatan Kelinci

Untuk menjaga kesehatan kelinci selain memperhatikan kebersihan kandang dan sekitarnya, juga dalam pemberian makanannya dan jam makanannya. Apalagi kelinci termasuk hewan yang beraktivitas malam hari, maka makanan yang diberikan sebaiknya lebih banyak terutama menjelang malam hari dan alangkah baiknya pada malam hari diberi makan sayuran-sayuran yang hijau. 

Demikian pula untuk menjaga kesehatan kelinci diberi juga vitamin biar dia punya daya tahan tubuh terhadap dari serangan penyakit.

Sedangakan untuk keamanan, memang kelinci juga terancam dari hewan pemangsa seperti anjing, musang dan lain sebagainya, makanya sebaiknya jika keamanan kandang harus lebih kuat untuk memprotek serangan hewan pemangsa.

Produsen Plastik Ultraviolet Vatan
* Info Lengkap Mengenai Harga Plastik UV Klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargaplastikuv

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV untuk greenhouse atau penjemuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 3 roll
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Sukses Beternak Kelinci Untuk Pemula"

Posting Komentar