HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Bukan Abal-abal, Ini Tips Jitu Usir Hama dan Penyakit Pada Jagung

Produsen Plastik UV (Ultraviolet) High Quality - Lim Corporation

Hampir semua orang sudah mengenal jagung. Di dunia pertanian, jagung merupakan salah satu tanaman palawija yang banyak dibudidayakan hingga sekarang. Permintaan pasar akan stok jagung cukup tinggi mengingat olahan jagung sangatlah banyak dan beragam. Hal ini mendorong para petani untuk membudidayakan jagung di lahan mereka.

Tanaman jagung memang bisa hidup disepanjang tahun, namun demikian tanaman jagug sebenarnya hanya cocok ditanam di peralihan musim hujan ke kemarau (Pancaroba) dimana hasilnya bisa lebih optimal dibanding jika anda menanam jagung dimusim penghujan. Untuk perawatan tanaman jagung sendiri juga sangatlah mudah jika dibanding dengan tanaman yang lain. Hal ini juga membuat biaya tanam jagung menjadi lebih hemat.

Baca Juga:
Meski budidaya jagung cukup mudah dan menjanjikan, namun bukan berarti tanamna jagung bebas akan hama dan penyakit. Berbagai macam hama dan penyakit tanaman jagung bisa mengancam keberhasilan budidaya jagung apabila tidak ditangani dengan tepat. Oleh karena itu kali ini kami akan menuliskan cara mengatasi hama dan penyakit tanaman jagung yang bisa anda jadikan bahan pembelajaran untuk mengatasi serangan hama dan penyakit pada tanaman jagung anda.

Berikut adalah daftar penyakit tanaman jagung dan cara mengatasinya.

1. Hama Ulat Daun

Sesuai namanya bahwa ulat ini hanya menyerang bagian daun muda. Biasanya terjadi pada tanaman jagung yang usianya masih muda (kurang dari 1 bulan). Ulat ini bisa menyerang pada pagi, siang, sore atau malam.

Namun layaknya ulat lainnya ia lebih aktif di sore hingga pagi dan memilih bersembunyi disiang hari karena takut kan terik matahari.

Cara Pencegahan
Untuk mencegah serangan ulat daun maka anda sebaiknya menyemprotkn insektisida sistemik berbahan aktif imadikoplorid.

Cara Mengatasi Ulat Daun pada Tanaman Jagung

Jika sudah terjadi serangan diambang batas, maka gunakan insektisida translaminar berbahan aktif metomil atau kontak berbahan aktif sipermetrin disemprotkan menggunakan pelekat pada sore hari (dibawah pukul 4 sore).

2. Hama Uret

Uret merupakan salah satu hama paling mengganggu yang menyerang tanaman jagung mulai dari tanaman usia muda hingga tanaman dewasa sekalipun. Uret adalah larva serangga yang memakan akar tanaman. Uret ini aktif pada waktu pagi hingga sore hari.

Cara Pencegahan

Langkah terbaik untuk mengendalikan hama uret ialah dengan pencegahan menggunakan insektisida tabur khusus uret bersama pemberian pupuk dasar. Diharapkan larva-larva serangga pemakan akar akan mati sebelum tanaman ditanam.

Cara Mengatasi Serangan Uret

Apabila anda menemukan banyak tanaman yang mati dengan akar hilang dimakan uret, maka anda bisa menggunakan insektisida tabur khusus uret (Marshal/Diazenon), namun bubuk insektisida tersebut dilarutkan dalam tangki kocor 40 L (2 sendok / tangki). Setelah itu larutan dikocorkan pada pangkal tanaman jagung.

Cara ini sebenarnya akan memakan banyak waktu jika jumlah jagung yang anda tanam sangatlah banyak. Maka dari itu langkah pencegahan sedari awal adalah kunci pengendalian hama uret.

3. Hama Pengerek Batang

Penggerek batang merupakan serangga yang bentuknya sangat mirip dengan ulat. Ukurannya sangat kecil dan ia menyerang batang muda tanaman dengan cara melubanginya dan masuk kedalam batang lalu memakan bagian dalam batang. Akibatnya batang keropos dan mudah busuk atau patah.

Cara Pencegahan

Untuk mencegah serangan hama penggerek batang maka saat tanaman jagung sudah mencapai tinggi 20 cm lakukanlah penyemprotan insektisida sistem berbahan aktif imadikol plorid secara rutin (7-10 hari sekali).


Cara Mengatasi Hama Penggerek Batang

Jika serangan penggerek batang terjadi diatas amabng batas wajar, maka anda perlu untuk segera mengatasinya dengn menyemprotkan insektisida.

Karena posisinya yang tersembunyi didalam batang, maka biasanya insektisida kontak tidak akan terlalu efisien, gunakanlah insektisida translaminar berbahan aktif metomil atau insektisida sistemik berbahan aktif imadikoplorid.

4. Hama Ulat Tongkol Jagung

Ulat ini menyerang bagian tonggol jagung dam memakan bagian biji yang masih muda dan empuk. Akibatnya tonggol yang berlubang bisa menjadi busuk dan menyebakan biji-biji jagung muda pada tonggol tersebut ikut membusuk.

Cara Pencegahan

Pencegahan ulat tonggol ini ialah dengan insektisida sistemik setiap 8-10 hari sekali.

Cara Mengatasi Ulat Tonggol Jagung

Untuk mengatasi serangan diatas ambag wajar, maka gunakan insektisida translaminar berbahan  aktif metomil lalu disemprotkan pada bagian tonggol

5. Penyakit Bulai pada Tanaman Jagung

Penyakit buai merupakan penyakit tanaman yang menyerang bagian daun dimana warna daun yang semula hijau berubah menjadi kuning. Penyakit ini disebabkan oleh virus gemini yang menginfeksi jaringan tanaman. Biasanya virus ini dibawa oleh vektor seperti thrips, aphids dan kutu kebul. Tidak hanya menyerang tanaman jenis terong-terongan, ternyata penyakit bulai juga menyerang tanaman jagung dan mampu menghambat fotosintesis tanaman.

Cara Mencegah Penyakit Bulai pada Tanaman Jagung

Untuk pencegahannya maka anda bisa menanam varietas jagung hibrida yang tahan virus gemini serta rutin menyemprotkan insektisida sistemik berbahan aktif imadikoplorid setiap 14 hari sekali serta insektisida kontak berbahan abamektin setiap 7-10 hari sekali.

Hal ini akan mencegah serangan vektor dalam sakala luas

Cara Mengatasi Penyakit Bulai Gemini pada Tanaman Jagung

Jika sudah teranjur terjadi serangan penyakit gemini maka anda harus menyemprotkan insektisida abamektin dalam interval  hari selama 3 hari berturut-turut lalu setelah itu menggunakan insektisida sistemik dengn interval 1 minggu sekali hingga dilihat gejala bulai tidak menyebar.

Untuk pengobatan penyakit bulai ini sebenarnya cukup sulit. Anda perlu mengkombinasikan pupuk daun, zat dan hidroksibenzoat yag disemprotkan pada tanaman setiap 5 hari sekali untuk menyembuhkan kembali tanaman jagung yang bulai

Produsen Plastik UV Agriculture Company
* Info Lengkap Mengenai Harga Plastik UV Klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargaplastikuv

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV untuk greenhouse atau penjemuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 3 roll
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bukan Abal-abal, Ini Tips Jitu Usir Hama dan Penyakit Pada Jagung"

Posting Komentar